Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara Kota Tual Maluku
Abstract
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang mendeskripsikan
dan melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman
belajar dan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar dan berfungsi sebagai
pedoman dalam perencanaan pembelajaran bagi pendidik dalam melaksanakan
aktivitas pembelajaran.
Model pembelajaran tahfidzul Qur’an adalah rancangan konseptual yang
disusun secara sistematis sebagai pedoman para pengajar untuk mencapai tujuan
tertentu dalam pembelajaran hafalan Al Qur’an. Pembelajaran tahfiz Al-Qur’an
juga dapat didefinisikan sebagai proses menghafal Al-Qur’an dalam ingatan
sehingga dapat dilafadzkan atau diucapkan di luar kepala secara benar dengan caracara
tertentu secara terus menerus.
Berdasarkan hal di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisa tentang; (1) Bagaimana
pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel?
(2) Bagaimana Metode pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren
Hidayatullah Putri Ohoitel? (3) Bagaimana Model pembelajaran tahfidz Al-Qur’an
di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel?
Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut; (1)
Progam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatullah Putri
Ohoitel mempunyai dua program yakni dengan menggunakan progam biasa atau
reguler yang dimana merupakan progam pembelajaran yang mentargetkan santri
untuk bisa melakukan setoran wajib dalam waktu seminggu minimal sebanyak dua
lembar lampiran Al-Qur’an. Sedangkan untuk progam kedua yaitu program khusus
tahfidz Al-Qur’an dimana santri putri di Pondok Pesantren Hidayatullah Ohoitel
menggunakan progam 6 bulan menghafal yang mana merupakan progam
pembelajaran untuk menargetkan santri bisa dan mampu menghafal Al-Qur’an
dalam kurun waktu 6 bulan dengan melakukan setoran wajib sehari minimal 2
lembar lampiran Al-Qur’an. (2) Dalam proses kegiatan pembelajaran tahfidz Al-
Qur’an Pondok Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel menggunakan metode
gabungan atau lebih dari satu metode yang digunakan santri putri dalam
menghafalkan Al-Qur’an. (3) model pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok
Pesantren Hidayatullah Putri Ohoitel menggunakan model pembelajaran yang
berpusat pada santri Putri dengan jenis model pembelajaran personal.