Implementasi Pendidikan Aswaja Pada Generasi Muda Nu Sebagai Upaya Deradikalisasi Di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang
Abstract
Semakin berkembangnya kelompok Islam radikal di Indonesia telah
memunculkan banyak respon dari berbagai kalangan karena pemikiran radikal
dianggap berbahaya pengaruhnya. Mereka menyasar para pemuda dan remaja di
kampus atau sekolah menengah atas sebagai sasaran indoktrinasi ideologi
radikalnya. Upaya membentengi generasi muda dari keterpengaruhan ajaran dan
ajakan kekerasan atau radikalisme perlu dilakukan khususnya dikalangan generasi
muda NU yakni IPNU IPPNU dan GP Ansor, membentengi generasi muda
melalui implementasi pendidikan Aswaja yakni dengan menerapkan nilai-nilai
dasar Aswaja di generasi muda NU sebagai upaya deradikalisasi.
Berdasarkan pada konteks tersebut memiliki bebapa tujuan yaitu : 1. untuk
mendeskripsikan, menganalisis radikalisasi pemahaman agama pada generasi
muda NU di GP Ansor dan IPNU IPPNU 2. untuk mendeskripsikan, menganalisis
implementasi pendidikan Aswaja pada generasi muda NU di Poncokusumo
malang 3. Untuk mendeskripsikan, menganalisis implementasi pendidikan Aswaja
sebagai upaya deradikalisasi pada generasi muda NU khususnya di GP Ansor dan
IPNU IPPNU.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode
tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen
yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini ditemukan hasil yaitu 1. Radikalisasi pemahaman
generasi muda NU IPNU IPPNU dan GP Ansor melalui sektor pendidikan
menengah dan politik Islam di kalangan generasi muda NU. 2.
Mengimplementasikan nilai-nilai Aswaja pada generasi muda NU dengan melalui
beberapa kegiatan keaswajaan. 3 Sinergitas bersama dalam upaya deradikalisasi
pada generasi muda NU di IPNU IPPNU dan GP Ansor