Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SMA Islam Al Ma’rif Singosari Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Supriyono
dc.date.accessioned 2022-03-28T03:50:01Z
dc.date.available 2022-03-28T03:50:01Z
dc.date.issued 2022-01-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3449
dc.description.abstract Tujuan dari pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan nilai – nilai toleran yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. (2) Untuk mengetahui proses penanaman nilai – nilai toleran melalui pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. (3) Untuk menganalisis model penanaman nilai – nilai tolerani melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. Dalam Penelitian ini metode yang di gunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan beberapa metode: 1) Metode observasi, 2) Metode wawancara, 3) Metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep yang diberikan Miles dan Hubermenyang mengemukakan bahwa motivasi dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya sampaijenuh. Aktivitas dalam analisis data, meliputi Condentation (ringkasan), data display (penyajian data), conclution drawing (penarikan simpulan serta verifikasinya) dan menelaah seluruh data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Nilai – nilai toleransi apa saja yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, yaitu : a. Nilai toleransi, b. Nilai kejujuran, c. Nilai kedamaian dan kemanusiaan, d. Nilai kepedulian, e. Nilai keadilan, f. Nilai Sosial. 2) Proses nilai – nilai toleransi melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, yaitu : a) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kelas, b) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis sekolah, c) Pembelajaran Penddidikan Agama Islam bentuk keteladanan, d) Pengintegrasian kedalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Proses nilai – nilai toleransi ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, yaitu : a) Keteladanan, b) Pembiasaan, c) Motivasi, d) Komunikasi dan e) Evaluasi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai Toleransi en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SMA Islam Al Ma’rif Singosari Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account