View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SMA Islam Al Ma’rif Singosari Malang

Thumbnail
View/Open
SUPRIYONO TeSIS.pdf (2.258Mb)
Date
2022-01-06
Author
Supriyono
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan dari pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan nilai – nilai toleran yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. (2) Untuk mengetahui proses penanaman nilai – nilai toleran melalui pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. (3) Untuk menganalisis model penanaman nilai – nilai tolerani melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari. Dalam Penelitian ini metode yang di gunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan beberapa metode: 1) Metode observasi, 2) Metode wawancara, 3) Metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep yang diberikan Miles dan Hubermenyang mengemukakan bahwa motivasi dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya sampaijenuh. Aktivitas dalam analisis data, meliputi Condentation (ringkasan), data display (penyajian data), conclution drawing (penarikan simpulan serta verifikasinya) dan menelaah seluruh data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Nilai – nilai toleransi apa saja yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, yaitu : a. Nilai toleransi, b. Nilai kejujuran, c. Nilai kedamaian dan kemanusiaan, d. Nilai kepedulian, e. Nilai keadilan, f. Nilai Sosial. 2) Proses nilai – nilai toleransi melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, yaitu : a) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kelas, b) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis sekolah, c) Pembelajaran Penddidikan Agama Islam bentuk keteladanan, d) Pengintegrasian kedalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Proses nilai – nilai toleransi ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma’arif Singosari, yaitu : a) Keteladanan, b) Pembiasaan, c) Motivasi, d) Komunikasi dan e) Evaluasi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3449
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group