Implementasi Metode Al-Muroqi dalam Pembelajaran Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Alghazali Sabreh Bangkalan
Abstract
Metode tidak hanya berfungsi sebagai penarik minat peserta didik
dalam belajar dan mengurangi kebosanan santri dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran, melainkan juga meningkatkan kualitas dan kemampuan
membaca kitab kuning. Begitu pula dalam kegiatan pembelajaran kitabiyah
yang berlangsung di Pondok pesantren Alghazali Sabreh Bangkalan, salah
satu metode yang digunakan untuk membaca kitab kuning di Pondok
pesantren Alghazali Sabreh Bangkalan yaitu metode Al-Muroqi.
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti ialah untuk
mendeskripsikan dan menganalisa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
metode Al-Muroqi dalam pembelajaran membaca kitab kuning di Pondok
pesantren Alghazali Sabreh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara
dalam hal ini dilakukan kepada Ketua Pondok, Pengurus Pondok, dan
pengajar metode Al-Muroqi.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perencanaan dalam
pembelajaran metode Al-Muroqi terdapat tiga langkah, yaitu pendalaman
materi, penguasaan materi dan praktek membaca kitab. Adapun pelaksanaan
dalam pembelajaran metode Al-Muroqi dilakukan dengan tiga langkah yaitu
pendalaman materi, penguasaan materi dan praktek membaca kitab.
Sedangkan evaluasi dalam pembelajaran metode Al-Muroqi dilakukaan
dengan tiga macam yaitu: evaluasi dalam pendalaman materi dengan
mengevaluasi materi kaidah nahwu shorrof, evaluasi dalam penguasaan
materi dengan mengevaluasi kaidah nahwu shorrof dan dasar rumus,
evaluasi dalam praktek membaca kitab kuning dengan mengevaluasi kaidah
nahwu shorrof, dasar rumus, memberi makna, mentarkibkan dan
menerjamahkan.