Show simple item record

dc.contributor.authorArdiyana, Miftahul Alifah
dc.date.accessioned2022-03-29T07:03:05Z
dc.date.available2022-03-29T07:03:05Z
dc.date.issued2021-06-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3485
dc.description.abstractKurikulum berperan penting dalam pendidikan, karena kurikulum merupakan rancangan berbagai macam program kegiatan sekolah, pendidik, peserta didik, hingga orang tua yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama yang telah diinginkan. Pentingnya kurikulum, maka semua penyelenggara pendidikan perlu memahami arti kurikulum sebagai suatu rencana yang terjadi dalam proses pendidikan. Terkhusus pada masa pandemi covid-19 saat ini, pemerintah memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan dalam menerapkan kurikulum darurat. Yang bertujuan untuk memberikan ruang gerak bagi satuan pendidikan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Dari konteks penelitian diatas maka peneliti menemukan fokus penelitian yaitu : (1) Bagaimana kondisi skenario penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMP Al Hasib Pakis?, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMP Al Hasib Pakis?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: skenario penerapan kurikulum dalam pembelajaran pai pada masa pandemi covid-19 di SMP Al Hasib Pakis, serta faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan kurikulum dalam pembelajaran pai pada masa pandemi covid-19 di SMP Al Hasib Pakis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan beberapa proses pengumpulan data diantara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selajutnya peneliti menggunakan analisa kualitatif untuk mengkaji hasil penelitiannya yang meliputi, reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu (1) Kondisi Skenario Penerapan Kurikulum Dalam Pembelajaran PAI Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SMP Al Hasib Pakis dilakukan sejak awal pandemi covid-19 masuk di Indonesia. Dalam proses pembelajaran PAI di SMP Al Hasib Pakis dilakukan secara daring dan luring mulai dari kelas VII, VIII, dan IX. (2) Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang ditemukan peneliti terkait skenario penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI di SMP Al Hasib Pakis, Faktor pendukung yaitu manajemen sekolah, peran guru PAI, peran orangtua, dan peserta didik. Faktor penghambat sarana dan prasarana, kejenuhan siswa dan alokasi waktu yang kurang. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang program penerapan kurikulum dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi covid 19 untuk lebih meningkatkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, guru memberikan motivasi belajar kepada siswa dan lebih memahami karakter siswa, serta kolaborasi antara Kepala Sekolah dan guru PAI serta saling mengevaluasi kekurangan yang ditemui ketika proses pembelajaran berlangsung juga meminta masukan dari siswa hambatan yang dirasakan ketika proses pembelajaran berlangsung khusunya pembelajaran mata pelajaran PAI. Kata Kunci : Penerapan Kurikulum, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPenerapan Kurikulumen_US
dc.subjectPembelajaran Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titleSkenario Penerapan Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Al Hasib Pakisjajar Kecamatan Pakis Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record