dc.description.abstract | Kerukunan antar umat beragama dan Negara tidak akan terwujud tanpa adanya rasa saling menghargai yang dimiliki oleh manusia. Salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam, fenomena yang terjadi hingga saat ini dalam dunia pendidikan adalah kurangnya sadar akan pentingnya rasa toleransi terhadap seorang teman kepada guru warga sekolah maupun dengan masyarakat sekitarnya. Dari latar belakang penelitian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai- nilai toleransi, strategi Guru PAI dan kendala dalam menanamkan nilai Toleransi pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah Strategi Guru dalam menanamkan nilai Toleransi pada peserta didik yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan, ucapan, dan perilaku orang-orang yang diamati. Adapun jenis penelitian yang penulis lakukan ialah studi kasus. Kemudian diarahkan untuk menghimpun data berupa kata maupun gambar serta memperoleh pemahaman dari kasus tentang keterampilan menghargai sesama peserta didik.
Berdasarkan temuan hasil penelitian nilai Toleransi peserta didik di SMA Annur Bululawang tergolong cukup baik, nilai Toleransi ini meliputi nilai Toleransi dalam hal berpendapat, bersikap, dan berbudaya. Bentuk Strategi Guru Pai dalam menanamkan nilai Toleransi pada peserta didik diantaranya sebagai berikut:(1) melalui keteladanan, (2) melalui penegakan kedisiplinan, (3) melalui pembiasaan,
(4) menciptakan lingkungan yang kondusif, (5) itegritas dan internalisasi, (6) melalui pendidikan toleransi. Kendala bagi Guru Pai dalam menanamkan nilai Toleransi peserta didik di SMA Annur Bululawang di antaranya dipengaruhi oleh faktor internal meliputi: keadaan psikologis peserta didik dan perhatian orang tua terhadap anaknya itu sendiri dan juga dipengaruhi oleh faktor eksternal meliputi: lingkungan tempat tinggal peserta didik, suasana sekolah dan juga kemajuan teknologi yang salah digunakan.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Nilai Toleransi. | en_US |