Strategi Menghafal Al-Qur’an pada Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Furqon Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Husna, Mazidatul
dc.date.accessioned 2022-03-29T07:14:40Z
dc.date.available 2022-03-29T07:14:40Z
dc.date.issued 2021-06-29
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3490
dc.description.abstract Al-Qur‟an merupakan satu-satunya kitab suci Allah yang dihafalkan oleh banyak manusia di dunia ini. Menjadi seorang mahasiswa sekaligus seorang santri penghafal Al-Qur‟an tidaklah mudah. Disamping ia harus melaksanakan tugas dari kampus serta mematuhi aturan yang ada didalam kampus, ia juga diwajibkan untuk senantiasa mengikuti dan patuh terhadap segala bentuk kegiatan di pondok pesantren yang merupakan rumah kedua bagi mereka. Oleh sebab itu, baik dari pengasuh maupun santri mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur‟an Nurul Furqon Malang berusaha mencari strategi yang tepat untuk menghafal Al-Qur‟an agar hafalan bisa kuat dan terjaga ditengah kesibukannya sebagai mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi menghafal Al- Qur‟an pada santri mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur‟an Nurul Furqon Malang, dan (2) Untuk mengetahui faktor pendukung penghambat dalam proses menghafal Al-Qur‟an pada santri mahasiswa pondok Pesantren Tahfizul Qur‟an Nurul Furqon Malang Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kualitatif deskriptif, dimana tidak menggunakan hitungan angka melainkan dengan pendiskripsian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Strategi Menghafal Al-Qur‟an pada Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur‟an Nurul Furqon Malang, sebagai berikut: (1) Strategi menghafal Al-Qur‟an pada santri mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur‟an Nurul Furqon Malang adalah adalah 3 in 1 setoran, yaitu satu hari 3 kali setoran, pandai membagi waktu antara tugas kuliah dengan kegiatan menghafal Al- Qur‟an, sholat malam, mendengerkan murrotal, dan pikiran fokus. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur‟an pada santri mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur‟an Nurul Qur‟an Malang. Fator pendukung meliputi orang tua, yaitu orang tua memberi dorongan baik berupa materi, semangat, mapun dukungan untuk keberhasilan dalam proses menghafal Al-Qur‟an, lingkungan,yaitu berada di lingkungan orang-orang yang juga penghafal Al-Qur‟an, motivasi pengasuh. Adapun faktor penghambat meliputi malas, yaitu malas untuk mengahafal Al-Qur‟an, banyak tugas, tidak bisa mengatur waktu, yaitu santri mahasiswa tidak bisa mengatur waktu antara kewajiban dari kampus dan kewajiban menghafal Al-Qur‟an, dan media sosial. Kata Kunci : Strategi, Menghafal Al-Qur'an, Santri Mahasiswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur'an en_US
dc.subject Santri Mahasiswa en_US
dc.title Strategi Menghafal Al-Qur’an pada Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Furqon Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account