Show simple item record

dc.contributor.authorRahmah, Khalimatur
dc.date.accessioned2022-03-29T07:22:33Z
dc.date.available2022-03-29T07:22:33Z
dc.date.issued2021-07-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3494
dc.description.abstractKondisi keadaan sikap kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dapat dilihat dari keseharian siswa selama proses pembelajaran. Jika dilihat dari keseharian siswa saat melakukan proses pembelajaran, maka dapat dikatakan bahwa kondisi keadaan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa masih sangat kurang sekali. Kondisi ini bisa dilihat dari kurang tepat waktunya siswa saat datang kesekolah, masih ada siswa yang membuang sampah sembarangan, dan juga masih ada siswa yang tidak menggunakan atribut sekolah dengan lengkap.selain itu juga masih banyaknya siswa yang tidak mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan. Berbagai contoh keadaa siswa tersebutlah maka dikatakan bahwa para siswa masih belum menerapkan sikap disiplin dan juga tanggungjawab. Penelitian ini dilakukan memiliki tujuan 1) untuk mengetahui bagaimana kondisi sikap disiplin dan tanggungjawab para siswa di SMPN 04 Rawa Pitu 2) untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam menanamakan sikap disiplin dan tanggungjawab pada siswa di SMPN 04 Rawa Pitu 3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan sikap disiplin dan tanggungjawab pada siswa di SMPN 04 Rawa Pitu.. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dengan pendekatan deskriptif serta Menggunakan data primer dan sekunder yang didaptkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yakni kondisi sikap disiplin dan tanggung jawab dilihat dari faktor disiplin dan tanggungjawab terhadap ketaatan belajar,disiplin dan tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan,disiplin dan tanggungjawab terhadap penggunaan fasilitas dan menggunakan waktu di sekolah. Kemudian upaya guru yakni membiasakan datang tepat waktu kesekolah serta bersalaman kepada gru sebelum memasuki ruang kelas, membaca doa bersama sebelum memulai pelajaran dan membaca asmaul husna bersama saat pelajaran PAI, mengajak para murid untuk membiasakan diri melakukan hal yang berkaitan dengan materi PAI seperti tidak meninggalkan solat fardu, membiasakan diri untuk puasa sunnah senin kamis, serta memberikan teguran krpada siswa yang masih melanggar peraturan yang ada. Adapun faktor pendukung serta penghambat dalam upaya menanamkan sikap disiplin dan tanggungjawab pada peserta didik. 1) faktor pendukung dalam hal ini adalah keterlibatan guru secara langsung, adanya kerjasama dengan orangtua, kesadaran diri para peserta didik. 2) sedangkan faktor penghambatnya adalah, Lingkungan keluarga, Lingkungan masyarakat, Lingkungan pertemanan. Kata Kunci : Upaya Guru, Sikap Disiplin, Sikap Tanggungjawaben_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectSikap Disiplinen_US
dc.subjectSikap Tanggungjawaben_US
dc.titleUpaya Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggungjawab pada Peserta Didik di SMPN 04 Rawa Pitu, Tulang Bawang Lampungen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record