Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Azzanjani, M. Ilham
dc.date.accessioned 2022-03-29T07:27:36Z
dc.date.available 2022-03-29T07:27:36Z
dc.date.issued 2021-07-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3496
dc.description.abstract Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu melahirkan lulusan atau generasi penerus yang bermutu. Tujuan tersebut dapat terlaksana denganbaik dengan adanya perbaikan mutu dalam pendidikan. Mutu dalam pendidikan dapat dilihat dari kualitas lulusan yang ada di sekolah tersebut. Hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu lulusan. Sedangkan mutu lulusan dapat meningkat apabila dalam sekolah tersebut dapat melaksanakan pengelolaan yang baik serta tepat. Sehingga sekolah dituntut untuk terus meningkatkan kualitas lulusan agar mampu berdaya saing yang tinggi. Fokus penelitan yang akan peneliti bahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs. Hasyim Asy’ari Kota Batu. 2) Bagaimana implementasi kepala sekolah di MTs. Hasyim Asy’ari Kota Batu dalam meningkatkan mutu lulusan. 3) Bagaimana evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs. Hasyim Asy’ari Kota Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif karena data-data yang diperoleh merupakan data-data yang bersifat deskriptif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif dengan cara reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, pembahasan sejawat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan mutu lulusan diawali dengan komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu, diikuti dengan pengembangan kurikulum serta meningkatkan sumberdaya guru dan tenaga kependidikan, sarana prasarana dan manajemen kepala sekolah. Adapun untuk penerapan perencanaan dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu sebagai berikut: yaitu sebagai berikut: a) Meningkatkan kualitas pendidik, b) Mengsosialisasikan Program dan kerja sama dengan wali murid, c) Pengembangan sarana prasarana, d) Pengembangan skl, e) Pembinaan untuk siswa diantaranya yaitu: 1) Penambahan jam mata pelajaran, 2) Kegiatan ektrakulikuler, 3) Pembentukan karakter. Adapun untuk evaluasi kepala sekolah yaitu dengan berproses kepala sekolah tidak hanya menghargai mereka dari hasil saja akan tetapi proses dia untuk menjadi sosok seorang guru yang berkualitas itu yang dihargai. Lewat pendampingan-pendampingan yang dilakukan. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah dan Mutu Lulusan en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Kepala Madrasah en_US
dc.subject Mutu Lulusan en_US
dc.title Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account