Strategi Guru dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Annur Bululawang Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Maknunah, Siti Lailatul
dc.date.accessioned 2022-03-29T07:35:25Z
dc.date.available 2022-03-29T07:35:25Z
dc.date.issued 2021-06-28
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3499
dc.description.abstract Pokok pertama materi pendidikan Islam pada dasarnya adalah Al-Qur’an. Sebelum mempelajari Al-Qur’an sebagai sumber pengetahuan, akan lebih mudah jika peserta didik mampu memahami bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan kaidah yang baik dan benar. Adapun di MA Annur Bululawang terdapat beberapa strategi yang diterapkan oleh guru guna untuk memahamkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran baca Al-Qur’an pada MA Annur Bululawang, mendeskripsikan kemampuan baca Al-Qur’an siswa, mendeskripsikan kendala atau hambatan pada penerapan strategi pembelajaran baca Al-Qur’an pada MA Annur Bululawang. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis sebagai pendekatan utama dan dibantu dengan pendekatan keilmuan yaitu pendekatan pedagogis dan psikologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru baca Al- Qur’an, dan peserta didik sebagai data primer dan dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data tersebut diuji keabsahannya dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik di MA Annur dalam membaca Al-Qur’an masih tergolong kurang. Adapun strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada MA Annur Bulawang adalah strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri. Strategi pembelajaran ekspositori diterapkan oleh semua guru baca Al-Qur’an pada MA Annur sedangkan strategi inkuiri hanya diterapkan oleh Bapak Binadjar. Adapun faktor yang menghambat atau kendala dalam penerapan strategi tersebut adalah kurangnya buku bacaan peserta didik, perbedaan karakter peserta didik, kurangnya alokasi waktu pembelajaran dan kurangnya kedisiplinan peserta didik. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Baca Al-Qur’an en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Baca Al-Qur’an en_US
dc.title Strategi Guru dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Annur Bululawang Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account