Pengaruh Pengetahuan Integritas Akademik dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter
Abstract
Pendahuluan: Mahasiswa kedokteran Universitas Islam Malang diharapkan mempunyai konsep profesionalisme diantaranya pengetahuan integritas akademik dan kecerdasan spiritual dalam menunjang performa akademiknya. Kedua konsep tersebut memiliki pengaruh terhadap performa akademik. Penelitan ini bertujuan meneliti pengaruh antara pengetahuan integritas akademik dan kecerdasan spiritual terhadap performa akademik mahasiswa.
Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisma angkatan tingkat pertama, kedua, dan ketiga. Untuk data pengetahuan integritas akademik menggunakan kuesioner yang telah dimodifikasi oleh peneliti Syifana dan untuk data kecerdasan spiritual menggunakan kuesioner Spiritual Intelligence Self-Report Inventory (SISRI-24). Analisa data menggunakan uji Kendall’s tau dan uji regresi linier dengan tingkat signifikansi α = 0,05
Hasil: Pada uji Kendall’s tau hubungan pengetahuan integritas akademik didapatkan nilai p = 0,035 dengan α = 0,05 atau (Sig <α) dan kecerdasan spiritual dengan nilai p 0,013 = dengan α = 0,05 atau (Sig <α) terhadap performa akademik. Pada uji regresi linear didapatkan hasil R square 0.007 pada pengetahuan integritas akademik, sedangkan pada kecerdasan spiritual didapatkan R square 0.025.
Kesimpulan: Pengetahuan integritas akademik dan kecerdasan spiritual berhubungan dengan performa akademik, adapun faktor yang dominan adalah kecerdasan spiritual.
Kata Kunci: Pengetahuan Integritas Akademik, kecerdasan spiritual, performa akademik