View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Perbedaan Lingkungan Belajar dan Motivasi Antar Tingkat Mahasiswa Klinik yang Menempuh Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di FK Unisma

Thumbnail
View/Open
S1_FAKULTAS KEDOKTERAN_21701101069_LILIS NUR FARIDA.pdf (1.507Mb)
Date
2021-12-23
Author
Farida, Lilis Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan: Pembelajaran daring menuntut mahasiswa untuk lebih memiliki motivasi belajar dan hasil pembelajaran daring sangat dipengaruhi oleh motivasi tersebut. Lingkungan belajar yang efektif dan kondusif akan menciptakan kelancaran pada proses pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang optimal pada pembelajaran. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 79 mahasiswa klinik FK UNISMA tingkat awal yang termasuk angkatan 2020 dan 113 mahasiswa klinik FK UNISMA tingkat akhir yang termasuk angkatan 2018 dan 2019. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil dan Pembahasan: Hasil uji komparasi Mann-Whitney didapatkan nilai p 0,01 yang menunjukkan bahwa perbedaan persepsi lingkungan mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir bermakna. Hasil uji komparasi Mann-Whitney juga didapatkan nilai p 0,038 yang menunjukkan bahwa perbedaan motivasi belajar mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir bermakna. Kesimpulan: Terdapat perbedaan persepsi lingkungan belajar yang signifikan antara mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir yang menempuh pembelajarn daring selama pandemi COVID-19 di FK UNISMA dan perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara mahasiswa klinik tingkat awal dan tingkat akhir yang menempuh pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di FK UNISMA. Kata Kunci: lingkungan belajar, motivasi belajar, pembelajaran daring
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3553
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group