Show simple item record

dc.contributor.authorIstiqlaliyah, Nira
dc.date.accessioned2022-04-08T03:34:45Z
dc.date.available2022-04-08T03:34:45Z
dc.date.issued2021-06-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3558
dc.description.abstractPandemi covid-19 telah memberikan dampak besar bagi seluruh kehidupan di dunia khususnya di Indonesia salah satu dampak dari pandemi ini pada dunia pendidikan.dengan adanya penyebaran virus dan hampir terjadi bukan hanya di indonesia saja tapi ke seluruh dunia. Maka pemerintah indonesia mengambil langkah dengan di adakan (PSBB) pembatasan sosial bersekala besar yang mana hal ini sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, pembelajaran online di rumah dapat diterapkan kesemua tingkat pendidikan. Pembelajaran online ini sangat menuntut guru dalam berinovasi untuk melaksanakan pembelajaran. Agar dapat meningkatkan pemahaman tentang nilai kognitif, nilai emosional, dan pada akhirnya menjadikan siswa sebagai praktisdan nilai praktis, pendidikan karakter adalah upaya mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik(smart and good citizenship) atau memiliki akhlak mulia dan berkepribadian yang baik. Pendidikan karakter ini ialah suatu hal yang mutlak dan harus di laksanakan karena pada dasarnya semua guru sebagai pendidik dan memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk karakter anak bangsa. peneliti mengambil fokus penelitian untuk meneliti lebih dalam di sekolah antara lain : 1). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di MI Islamiyah Banat Senori Tuban?. 2). Bagaiamana cara seorang guru dalam menerapkan pendidikan karakter di dalam pembelajaran daring di MI Islamiyah banat Senori tuban?. 3). Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pendidikan karakter pada pembelajaran daring di MI Islamiyah Banat Senori-Tuban?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui tentang pelaksanaan pembelajaran karakter secara daring di MI Islamiyah banat Senori Tuban. 2). Untuk mendeskripsikan bagaimana cara seorang guru dalam menerapkan pendidikan karakter di dalam pembelajaran daring di MI Islamiyah banat Senori Tuban. 3). Faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pendidikan karakter pada pembelajaran daring di MI Islamiyah Banat Senori-Tuban. Agar bisa bisa menjawab tujuan penelitian di atas maka peneliti menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat diskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di MI Islamiyah Banat Senori-Tuban, maka dari itu penelitian ini diharapkan mampu mendiskripsikan informasi yang ada di lapangan dan di dukung oleh data-data yang di dapatkan. Sehingga peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai akhir dari penelitian. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian memiliki pengaruh penting untuk memperoleh suatu informasi atau data sedetail mungkin. Sumber data yang digunakan dalampenenilitian iniadalah data primer dan dan sekunder yang mana menjadi rujukan untuk pengambilan data dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan data yang dipertanggungjawakan maka teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga model yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar peneliti dapat dengan mudah menemukan hasil dari penelitian. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, tringulasi, tringulasi sumber, dan tringulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring di MI Islamiyah Banat Senori-Tuban sebagai berikut tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di MI Islamiyah banat Senori Tuban. Yaitu sudah dilaksanakan dengan menggunakan beberapa aplikasi online berupa aplikasi whatsApp dan aplikasi google form yang sudah diterapkan dalam semua kelas dari kelas satu sampai kelas enam 2). Untuk mendeskripsikan cara seorang guru dalam menerapkan pendidikan karakter di dalam pembelajaran daring di MI Islamiyah banat Senori Tuban. Dalam menerapkan pendidikan karakter ini telah dilaksanakan sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung, sehingga saat proses pembelajaran pendidikan karakter tidak terlupakan dan di implementasikan dengan adanya nilai karakter seperti kejujuran, demokratis, dan kedisiplinan contohnya saat akan memulai pembelajaran dan sesudah dilakukan membaca doa bersama-sama dan pada kegiatan harian adanya menghafal asmaul husna, doa harian, dan surat-surat pendek serta dalamkegiatan bulanan terdapat kegiatan isthighosah yang mana termasuk karakter Relegius yang telah terlaksana dan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yang diterapkan di sekolahan ini sudah terdapat adanya beberapa point pendidikan karakter dari kemendikbud yang mana dalam upaya membangun karakter bangsa melalui pendidikan sekolah ini. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Daringen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectImplementasi Pendidikan Karakteren_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di MI Islamiyah Banat Senori-Tubanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record