Korelasi Stres dan Mekanisme Koping Selama Pembelajaran Daring dengan Performa Akademik Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang
Abstract
Pendahuluan: Performa akademik selama pembelajaran daring dipengaruhi oleh stres dan mekanisme koping. Penelitian tentang stres dan mekanisme koping saat pembelajaran daring di FK UNISMA belum pernah dilakukan sehingga perlu diteliti.
Metode: Penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional pada 243 mahasiswa pre-klinik FK UNISMA dilakukan dengan menggunakan kuesioner Online Learning Perceived Stress Scale untuk mengukur tingkat stres dan kuesioner Online Learning Brief Cope Scale untuk mengukur mekanisme koping. Nilai blok digunakan sebagai performa akademik. Tingkat stres dibagi menjadi 3 yakni ringan (0-13), sedang (14-26), berat (27-40) sedangkan mekanisme koping dibagi menjadi 3 yakni rendah (<57), sedang (57-76), tinggi (>76). Analisis univariat dan bivariat dilakukan untuk menilai perbedaan dan hubungan antara stres dan mekanisme koping terhadap performa akademik dengan nilai p<0,05 dianggap signifikan.
Hasil: Tingkat stres mahasiswa keseluruhan adalah ringan (123), sedang (40), berat (80) sedangkan mekanisme kopingnya adalah rendah (71), sedang (45), tinggi (127). Didapatkan perbedaan yang signifikan pada uji komparasi antara tingkat stres dan mekanisme koping pada performa akademik mahasiswa pre-klinik FK UNISMA. Didapatkan korelasi negatif sangat tinggi (r -0,809, p 0,000) antara tingkat stres dengan performa akademik sedangkan untuk mekanisme koping korelasinya positif tinggi (r 0,779, p 0,000). Hal ini menunjukkan adanya korelasi antara tingkat stres dan mekanisme koping dengan performa akademik mahasiswa pre-klinik FK UNISMA.
Kesimpulan: Stres dan mekanisme koping mahasiswa selama pembelajaran daring berkorelasi dengan performa akademik.
Kata Kunci: Online Learning Perceived Stress Scale, Online Learning Brief Cope Scale