Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di UPT SD Negeri 309 Gresik

Show simple item record

dc.contributor.author Zuliana, Eka
dc.date.accessioned 2022-04-11T06:27:59Z
dc.date.available 2022-04-11T06:27:59Z
dc.date.issued 2021-07-19
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3584
dc.description.abstract Pendidikan hingga kini masih dipercayai sebagai media yang sangat ampuh dalam membangun kecerdasan sekaligus kepribadian anak manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan secara terus menerus harus dibangun dan dikembangkan agarproses pelaksanaanya menghasilkan generasi yang diharapkan. Demikian pula dengan pendidikan di negeri ini.Bangsa Indonesia tidak menginginkan untuk menjadi bangsa yang bodoh dan terbelakang.Terutama dalam hal menghadapi zaman yang terus berkembang. Maka perbaikan sumber daya manusia yang berkarakter, cerdas, terampil, mandiri, dan berakhlak mulia terus diterapkan melalui proses pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan yang dikelola dengan nilai dan pembentukan karakter diperlukan untuk membekali siswa dalam mengantisipasi tantangan masa depan yang dipastikan akan semakin berat. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yaknitentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap pengintegrasian pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di UPT SD Negeri Gresik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik yang meliputi dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran tematik kelas III di UPT SD NEGERI 309 GRESIK. Penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif .Data analisis ini menggunakan model Milles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik.Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, siswa dan guru kelas III sekaligus guru tematik. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang diintegrasikan pada pembelajaran tematik di UPT SD 309 Gresik, sudah baik dalam perencanaan dan pelaksaan, sekaligus dalam pegevaluasian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru sudah mencantumkan nilai-nilai karakter yang akan diintegrasikan dalam pembelajaran pada RPP. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD NEGERI 309 GRESIK pada bulan Juni 2021. Kata Kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Integrasi en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di UPT SD Negeri 309 Gresik en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account