Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Ade Lissa Pepita Koes Hera
dc.date.accessioned2022-05-23T04:29:37Z
dc.date.available2022-05-23T04:29:37Z
dc.date.issued2021-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3702
dc.description.abstractProfesionalisme guru yang ada di RA Habibie Singosari Kabupaten Malang tergolong masih rendah. Hal tersebut terlihat pada kemampuan guru ketika kegiatan belajar mengajar menggunakan metode yang monoton dan beberapa guru belum kualifikasi Strata Satu (S-1) pendidikan anak usia dini sehingga peserta didik belum mengerti apa yang disampaikan guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah belum tercapai. Maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh supermasi pendidikan yang ada. Maka dalam hal tersebut, kemajuan pendidikan perlu ditingkatkan melalui para guru yang profesional. Kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai tugas yang sangat berat dalam rangka meningkatkan kualitas sekolah. Guru sebagai salah satu komponen yang terpenting dalam pendidikan, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan, dituntut untuk bisa menjadi guru profesional. Dari latar belakang penelitian di atas, maka peneliti menentukan fokus penelitian, yaitu tentang bagaimana profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, dan bagaimana kendala kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, dan untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehubungan dengan peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari Kabupaten Malang, penulis memberikan beberapa saran berupa beberapa guru yang belum kualifikasi lulusan Strata Satu kependidikan anak usia dini sebaiknya pihak sekolah dapat menuntut dan mengikutsertakan para guru tersebut untuk disekolahkan lebih tinggi oleh Yayasan Kasad agar para guru dapat memiliki kualifikasi lulusan Strata Satu kependidikan anak usia dini; kepala sekolah mengikutkan dan mengajak dewan guru untuk mengikuti rapat rutinan, kegiatan workshop, pelatihan; seminar, studi banding antar lembaga, kepala sekolah dapat melakukan pengawasan terhadap kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar; pihak guru, kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat mampu mendukung program-program yang ada di sekolahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKepala Sekolahen_US
dc.subjectProfesionalisme Guruen_US
dc.titlePeran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di RA Habibie Singosari Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record