View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di RA Habibie Singosari Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_21701014002_ADE LISSA PEPITA KOES HERA SARI.pdf (1.328Mb)
Date
2021-07-13
Author
Sari, Ade Lissa Pepita Koes Hera
Metadata
Show full item record
Abstract
Profesionalisme guru yang ada di RA Habibie Singosari Kabupaten Malang tergolong masih rendah. Hal tersebut terlihat pada kemampuan guru ketika kegiatan belajar mengajar menggunakan metode yang monoton dan beberapa guru belum kualifikasi Strata Satu (S-1) pendidikan anak usia dini sehingga peserta didik belum mengerti apa yang disampaikan guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah belum tercapai. Maju mundurnya suatu bangsa sebagian besar ditentukan oleh supermasi pendidikan yang ada. Maka dalam hal tersebut, kemajuan pendidikan perlu ditingkatkan melalui para guru yang profesional. Kepala sekolah sebagai pemimpin mempunyai tugas yang sangat berat dalam rangka meningkatkan kualitas sekolah. Guru sebagai salah satu komponen yang terpenting dalam pendidikan, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan, dituntut untuk bisa menjadi guru profesional. Dari latar belakang penelitian di atas, maka peneliti menentukan fokus penelitian, yaitu tentang bagaimana profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, dan bagaimana kendala kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari, dan untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehubungan dengan peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di RA Habibie Singosari Kabupaten Malang, penulis memberikan beberapa saran berupa beberapa guru yang belum kualifikasi lulusan Strata Satu kependidikan anak usia dini sebaiknya pihak sekolah dapat menuntut dan mengikutsertakan para guru tersebut untuk disekolahkan lebih tinggi oleh Yayasan Kasad agar para guru dapat memiliki kualifikasi lulusan Strata Satu kependidikan anak usia dini; kepala sekolah mengikutkan dan mengajak dewan guru untuk mengikuti rapat rutinan, kegiatan workshop, pelatihan; seminar, studi banding antar lembaga, kepala sekolah dapat melakukan pengawasan terhadap kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar; pihak guru, kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat mampu mendukung program-program yang ada di sekolah
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3702
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group