Show simple item record

dc.contributor.authorBramastia, Lutfia Sefta
dc.date.accessioned2022-05-23T04:32:38Z
dc.date.available2022-05-23T04:32:38Z
dc.date.issued2021-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3704
dc.description.abstractKemampuan menulis awal pada anak usia dini ditandai ketika melihat tingkah laku anak saat melakukan mencoret-coret maka kita dapat memberikan media menulis sesuai tahapanya. Penyediaan alat tulis tidak harus kertas dengan pensil melainkan alat permainan edukatif yang dapat melatih kelenturan koordinasi jari untuk persiapan menulis awal, seperti menjumput, merobek, dan menggunting. Akan tetapi banyak pendidikan anak usia dini tidak memberikan stimulasi akan perkembangan motorik halus khususnya pada perkembangan menulis awal anak.Faktor utama yang menjadi salah satu penentu mutu pendidikan adalah guru, seorang guru akan meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia. Dalam proses belajar mengajar gurulah yang berhadapan langsung dengan anak. dan ditangan gurulah anak akan menjadi berkualitas dan berkompenten. Dengan ini anak di masa mendatang akan siap menghadapi tantangan zaman. Maka dari itu profesi seorang guru sangatlah berpengaruh bagi dunia pendidikan. Guru adalah seorang pendidik yang berkompeten, mempunyai peran dan tugas mulia yang diembannya ialah mendidik, memberi pengetahuan, membimbing, mengarahkan, menjadi model, teladan, menilai hingga mengevaluasi anak pada tingkat pendidikan anak usia dini melalui pendidikan formal.Belajar menulis untuk anak perlu diajarkan sejak dini, meskipun ketrampilan menulis bukan aspek utama dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun tuntutan anak untuk bisa dan mampu membaca dan menulis pada jenjang pendidikan selanjutnya, hal ini menjadikan fokus guru agar dapat mengembangkan kemampuan menulis anak sesuai pada tahapan perkembangan. Adapun tahapan kemampuan menulis anak usia dini, yaitu: tahap mencoret, tahap pengulangan secara linier, tahap menulis secara acak, tahap menulis tulisan nama, dan tahap menulis kalimat pendek. Fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi kemampuan menulis awal anak kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malang? (2) Bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis awal pada anak kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malang? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis awal pada anak kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malang?. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu: (1) Mendeskripsikan kondisi kemampuan menulis awal pada anak kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malang, (2) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis awal pada anak kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malang, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis awal pada anak kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti dalam penelitian berperan sebagai instrumen utama atau kunci. Sumber data yang digunakan, data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yg digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan: uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi kemampuan menulis awal pada anak kelompok A yaitu kondisi awal saat anak masuk ke sekolah memang rata-rata semua anak belum bisa sama sekali dalam menulis. Dikarenakan anak belum memahami tentang macam-macam huruf dan belum bisa menulis huruf, maka dari itu perlu adanya stimulus-stimulus yang diberikan kepada anak untuk merangsang motorik halus anak dalam kegiatan menulis serta pembelajaran lebih mendalam mengenai memahami huruf dan menulis agar nantinya anak dapat menulis dengan sesuai dan benar. (2) Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis awal pada anak kelompok A adalah dengan menggunakan metode Montessori yaitu media figure ground metal insets dan juga menggunakan media lainnya yang ada dirumah seperti tepung, garam, biji-bijian, dan pasir laut. Media figure ground metal insets ini berfungsi untuk menstimulus anak dalam kegiatan pembelajaran menulis awal. (3) Faktor pendukung: ketersediaan media pembelajaran yang memadai, metode pembelajaran yang digunakan jelas yaitu metode Montessori, dukungan dari orang tua terhadap kurikulum yang diterapkan oleh sekolah, dan kontribusi dari orang tua yang sejalan dengan guru dalam menerapkan pembelajaran. Faktor penghambat: sistem pembelajaran secara daring membuat guru tidak bisa mengetahui kemampuan anak secara langsung, guru harus sabar dalam menghadapi anak karena kemampuan anak yang satu dengan lainnya berbeda, dan dari faktor orang tua yang sibuk membuat orang tua kurang maksimal dalam menerapkan pembelajaran dirumah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi kemampuan menulis awal pada anak kelompok A rata-rata belum bisa sama sekali, maka dari itu perlu adanya stimulus-stimulus dalam pembelajaran menulis awal yang diberikan ke anak. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis awal sudah bagus yaitu dengan menggunakan metode Montessori yaitu media figure ground metal insets untuk menstimulus perkembangan anak dalam meningkatkan kemampuan menulis awal. Peneliti menyarankan untuk guru lebih memperhatikan mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis awal anak agar nantinya proses pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectUpaya Guruen_US
dc.subjectKemampuan Menulis Awalen_US
dc.titleUpaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Awal pada Anak Kelompok A di RA Syihabuddin Landungsari Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record