View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Sandpaper Letters pada Anak Kelompok A (Studi Kasus di RA Syihabuddin Malang)

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_21701014008_ALYA NUR FADHILAH.pdf (2.232Mb)
Date
2021-06-11
Author
Fadhilah, Alya Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Anak usia dini yang berada pada masa emas (golden ages), merupakan usia yang tepat untuk diberi stimulus dalam berbagai aspek seperti kognitif, bahasa, nilai agama, moral, seni, fisik dan motorik. Semua aspek tersebut merupakan aspek-aspek yang saling berkaitan dan memiliki peran yang samapenting sehingga aspek-aspek tersebut tidak boleh terlewat dalam pemberian stimulus. Ilmu pengetahuan, komunikasi dan bahasa memiliki peran yang vital dalam kehidupan karena dapat mengembangkan intelektual dan mengembangkan diri untuk bertahan hidup. Ilmu pengetahuan, komunikasi dan bahasa masuk dalam kategori aspek kognitif dan bahasa. Membaca awal masuk dalam kategori aspek kognitif dan bahasa karena untuk mempelajari membaca awal anak memerlukan kemampuan yang melibatkan pemikiran dan menggunakan kemampuan bahasa seperti kosakata yang dimiliki oleh anak dalam komunikasi. Membaca awal merupakan hal yang penting untuk anak usia dini karena pada pendidikan selanjutnya anak akan belajar mengenai banyak hal melalui membaca seperti transfer ilmu pengetahuan, transfer informasi dan komunikasi. Untuk mengajarkan anak mengenai membaca awal diperlukan stimulus yang tepat agar anak dapat memahami huruf dan membaca, langkah pertama untuk membaca awal adalah dengan pengenalan huruf atau alfabet. Di RA Syihabuddin Malang memberikan stimulus membaca awal kepada anak didik pada kelompok A dengan menggunakan media sandpaper letters. Hal ini melatar belakangi analisis kemampuan membaca awal kelompok A melalui media sandpaper letters di RA Syihabuddin Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan membaca awal anak kelompok A di RA Syihabuddin Malang dan untuk mengetahui kemampuan membaca awal anak kelompok A melalui media sandpaper letters di RA Syihabuddin Malang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan subyek yang memiliki jumlah 17 anak. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi pada subyek dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dengan informan-informan yang merupakan guru kelompok A dan guru kurikulum di RA Syihabuddin Malang. Kemudian peneliti melakukan dokumentasi untuk mengumpulkan data saat penelitian dengan mengambil foto subyek yang menggunakan media sandpaper letters. vii Hasil kemampuan membaca awal anak kelompok A di RA Syihabuddin Malang: (1) Saat sebelum diberikan stimulus anak belum mengenal huruf, (2) Setelah diberikan stimulus anak dapat mengenal huruf, membunyikan huruf dan memahami huruf. (3) Kelompok A di RA Syihabuddin Malang untuk membaca suatu kata, empat anak dapat membaca kata dengan lancar, anak kelompok A yang dapat membaca suatu kata dengan lancar diantaranya adalah lima anak, beberapa anak lainnya masih memahami beberapa huruf dan memerlukan bantuan pendidik untuk membaca suatu kata. Kemudian untuk kemampuan membaca awal anak kelompok A melalui media sandpaper letters terlihat bahwa: (1) semua anak dapat melakukan tracing (meraba) huruf, (2) beberapa anak yang memahami huruf, sebagian masih mengenal huruf dan dalam tahap belajar membedakan (b, d, p, q, m, n, u, v, w) karena dianggap terlihat sama oleh anak, kemudian ada dua anak yang memerlukan perhatian lebih dalam pemberian stimulus, (3) Montessori menjelaskan bahwa setiap pemberian stimulus harus melibatkan motorik anak, hal itu terbukti karena semua anak dapat melalukan tracing (meraba) huruf, (4) Piaget menjelaskan bahwa kemampuan membaca awal melibatkan aspek kognitif dan bahasa, dalam perkembangan kognitif ada pada tahap mengingat dan mengerti sehingga anak harus diberikan stimulus yang tepat serta pendidik harus memahami bahwa perkembangan motorik, kognitif dan bahasa setiap anak berbeda.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3707
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group