Show simple item record

dc.contributor.authorRizki, Fitria Agung
dc.date.accessioned2022-05-23T04:37:56Z
dc.date.available2022-05-23T04:37:56Z
dc.date.issued2021-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3709
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu aspekpenting dalam upaya pemberdayaan manusia. Melalui pendidikan inilah kepribadian anak didik dibentuk dan diarahkan sehingga dapat mencapai derajat sebagai makhluk yang berbudaya. Oleh sebab itu pendidikan tidak hanya sebagai sarana transfer iklmu pengetahuan dan keterampilan akan tetapi sebagai transfer perilaku. Salah satu tugas guru terkait mewujudkan tujuan pembelajaran di sekolah adalah mengembangkan strategi juga media pembelajaran secara efektif dan variatif. Pengembangan tersebut bertujuan untuk membuat kondisi pembelajaran terasa menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak didik, dan anak bias meraih perestasi secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media ulat bulu dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian jenis PTK. Metode yang digunakan yaitu observasi langsung untuk mengumpulkan data tentang kemampuan anak dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Metode wawancara digunakan peneliti untuk mendapatkan keterangan-keterangan lisan melalui percakapan dengan informan tentang tanggapan anak terhadap proses pembelajaran, data-data sekolah, dan keadaan sekolah saat ini. Sedangkan metode dokumentasi peneliti gunakan untuk memperoleh data-data tertulis, arsip dan dokumen yang diperlukan oleh peneliti yang berhubangan dengan penerapan media ulat bulu dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak, gambar atau foto saat pembelajaran maupun dokumen lain yang dianggap penting oleh peneliti untuk melengkapi kekurangan dan kelemahan metode, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian lapangan, peneliti memperoleh data bahwa anak lebih antusias dan memperhatikan secara seksama saat guru menyampaikan materi menggunakan media ulat bulu. Respon siswa juga mengalami perubahan, yang tadinya kurang konsentrasi dan semangat, setelah menggunakan media ulat bulu menjadi lebih konsentrasi dan bersemangat dalam melakukan pembelajaran. Dalam pembelajaran menggunakan media ulat bulu, kemampuan anak meningkat. Hal tersebut dengan adanya peningkatan pada hasil karya yang mencakup kemampuan motorik halus. Pada saat pra siklus masih 29%, pada saat siklus I meningkat 62%, dan siklus II mencapai 86%. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah penggunaan media ulat bulu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam aspek motorik halus. Adapun yang perhatikan tentang bagaimana langkah kedepan dari TK Trisula 01 Perwari Singosari untuk meningkatkan cara pembelajaran lebih baik lagi sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Ulat Buluen_US
dc.subjectKemampuan Motorik Halusen_US
dc.titlePemanfaatan Media Ulat Bulu Dalam Meningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 tahun di TK Trisula 01 Perwari Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record