Pemanfaatan Media Ulat Bulu Dalam Meningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 tahun di TK Trisula 01 Perwari Singosari
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspekpenting dalam upaya pemberdayaan
manusia. Melalui pendidikan inilah kepribadian anak didik dibentuk dan
diarahkan sehingga dapat mencapai derajat sebagai makhluk yang berbudaya.
Oleh sebab itu pendidikan tidak hanya sebagai sarana transfer iklmu pengetahuan
dan keterampilan akan tetapi sebagai transfer perilaku. Salah satu tugas guru
terkait mewujudkan tujuan pembelajaran di sekolah adalah mengembangkan
strategi juga media pembelajaran secara efektif dan variatif. Pengembangan
tersebut bertujuan untuk membuat kondisi pembelajaran terasa menyenangkan
dan tidak membosankan bagi anak didik, dan anak bias meraih perestasi secara
maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media ulat bulu
dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Untuk mencapai tujuan
tersebut peneliti menggunakan penelitian jenis PTK. Metode yang digunakan
yaitu observasi langsung untuk mengumpulkan data tentang kemampuan anak dan
metode pembelajaran yang digunakan guru. Metode wawancara digunakan
peneliti untuk mendapatkan keterangan-keterangan lisan melalui percakapan
dengan informan tentang tanggapan anak terhadap proses pembelajaran, data-data
sekolah, dan keadaan sekolah saat ini. Sedangkan metode dokumentasi peneliti
gunakan untuk memperoleh data-data tertulis, arsip dan dokumen yang diperlukan
oleh peneliti yang berhubangan dengan penerapan media ulat bulu dalam
meningkatkan kemampuan motorik halus anak, gambar atau foto saat
pembelajaran maupun dokumen lain yang dianggap penting oleh peneliti untuk
melengkapi kekurangan dan kelemahan metode, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian lapangan, peneliti memperoleh data bahwa
anak lebih antusias dan memperhatikan secara seksama saat guru menyampaikan
materi menggunakan media ulat bulu. Respon siswa juga mengalami perubahan,
yang tadinya kurang konsentrasi dan semangat, setelah menggunakan media ulat
bulu menjadi lebih konsentrasi dan bersemangat dalam melakukan pembelajaran.
Dalam pembelajaran menggunakan media ulat bulu, kemampuan anak
meningkat. Hal tersebut dengan adanya peningkatan pada hasil karya yang
mencakup kemampuan motorik halus. Pada saat pra siklus masih 29%, pada saat
siklus I meningkat 62%, dan siklus II mencapai 86%.
Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah penggunaan media ulat bulu
dapat meningkatkan kemampuan anak dalam aspek motorik halus. Adapun yang
perhatikan tentang bagaimana langkah kedepan dari TK Trisula 01 Perwari
Singosari untuk meningkatkan cara pembelajaran lebih baik lagi sehingga hasil
belajar siswa akan terus meningkat.