Show simple item record

dc.contributor.authorRizana, Juwanis Fatul
dc.date.accessioned2022-05-23T04:40:39Z
dc.date.available2022-05-23T04:40:39Z
dc.date.issued2021-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3711
dc.description.abstractMedia pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat memudahkan anak untuk berfikir simbolik tentang tema apa yang sedang dipelajari, selain itu juga berfungsi sebagai pentimulus otak,perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan bagi anak- anak,sehinga terdorong terjadinya proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses penggunaan media kartu huruf bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B di RA Sirrul Khuluq Klampok, Singosari, Malang; 2) Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf bergambar pada anak Kelompok B di RA Sirrul Khuluq Klampok, Singosari, Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak Kelompok B RA Sirrul Khuluq Klampok dengan usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 10 anak laki-laki Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu kemampuan membaca permulaan anak meningkat dan memperoleh rata-rata persentase lebih dari 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan yang dapat mencapai kriteria keberhasilan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya, dimana perkembangan bahasa anak mencapai 0%. Namun setelah dilakukan praktek penellitian tindakan kelas mulai praktek menggunakan kartu huruf bergambar pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai adalah sebanyak 56-25% atau 9 dari 16 anak, dan peningkatan perkembangan membaca permulaan pada pra siklus dan siklus I mencapai 30 atau sebanyak 15.625%. Maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 93, 75% atau 15 dari 16 anak. Peningkatan Kemampuan perkembangan membaca permulaan pada pengamatan siklus I dan siklus II mencapai 48 atau sebanyak 25%. Telah memenui standart kreteria lebih pembelajaran berlangsung, dan dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan pada anak-anak. Berdasarkan peneliti tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan media kartu huruf bergambar dapat diketahui keberhasilan dalam rangka meningkatkan perkembangan membaca permulaan pada anak kelompok B di Ra Sirrul khuluq Klampok Singosari Malang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKartu Kata Bergambaren_US
dc.subjectAnak Kelompok Ben_US
dc.titlePenggunaan Kartu Huruf Bergambar Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Ra Sirrul Khuluq Kecamatan Singosari Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record