Penggunaan Kartu Huruf Bergambar Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Ra Sirrul Khuluq Kecamatan Singosari Kabupaten Malang
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam
proses dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat
memudahkan anak untuk berfikir simbolik tentang tema apa yang sedang
dipelajari, selain itu juga berfungsi sebagai pentimulus otak,perasaan, perhatian
dan kemampuan atau keterampilan bagi anak- anak,sehinga terdorong terjadinya
proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses penggunaan
media kartu huruf bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pada anak Kelompok B di RA Sirrul Khuluq Klampok, Singosari,
Malang; 2) Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan
media kartu huruf bergambar pada anak Kelompok B di RA Sirrul Khuluq
Klampok, Singosari, Malang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif.
Subjek dalam penelitian ini adalah 16 anak Kelompok B RA Sirrul Khuluq
Klampok dengan usia 5-6 tahun, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 10 anak
laki-laki Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitif dan deskriptif kualitatif.
Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu kemampuan membaca permulaan anak
meningkat dan memperoleh rata-rata persentase lebih dari 80%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca
permulaan yang dapat mencapai kriteria keberhasilan lebih meningkat
dibandingkan sebelumnya, dimana perkembangan bahasa anak mencapai 0%.
Namun setelah dilakukan praktek penellitian tindakan kelas mulai praktek
menggunakan kartu huruf bergambar pada siklus I tingkat keberhasilan yang
dicapai adalah sebanyak 56-25% atau 9 dari 16 anak, dan peningkatan
perkembangan membaca permulaan pada pra siklus dan siklus I mencapai 30 atau
sebanyak 15.625%. Maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus
II mengalami peningkatan mencapai 93, 75% atau 15 dari 16 anak. Peningkatan
Kemampuan perkembangan membaca permulaan pada pengamatan siklus I dan
siklus II mencapai 48 atau sebanyak 25%. Telah memenui standart kreteria lebih
pembelajaran berlangsung, dan dapat memberikan pembelajaran yang
menyenangkan pada anak-anak.
Berdasarkan peneliti tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran melalui penerapan media kartu huruf bergambar dapat diketahui
keberhasilan dalam rangka meningkatkan perkembangan membaca permulaan
pada anak kelompok B di Ra Sirrul khuluq Klampok Singosari Malang.