dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong
upaya pembaruan pemanfaatan hasil teknologi dalam proses pembelajaran.
Kehadiran teknologi memberikan pilihan lain kepada dunia Pendidikan dalam
pemanfaatannya. Penggunaan teknologi memiliki pengaruh dalam proses
pembelajaran, untuk itu guru harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang
media pembelajaran online maupun offline. Internet sebagai salah satu sumber
belajar telah melahirkan konsep e-learning.
Namun yang menjadi persoalan di sini adalah sarana dan prasarana yang
dimiliki sekolah seperti jaringan internet kurang dioptimalkan, hal ini dapat dilihat
dari kurang dimanfaatkannya internet sebagai sumber belajar. Terlihat di MTs Al
Fatah Jabon Sidoarjo ini adalah bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki kurang
dioptimalkan. Berdasarkan konteks penelitian peneliti merumuskan masalah
dengan fokus penelitian bagaimana sebenarnya penerapan media pembelajaran elearning dalam pembelajaran fiqih di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjo, kemudian
bagaimana efektivitas media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih
terhadap prestasi belajar siswa dan apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam penggunaan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media
pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih di MTs Al Fatah Jabon
Sidoarjo, mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran e-learning terhadap
prestasi belajar siswa dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat
dalam media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi participant, menggunakan
teknik wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Adapun metode analisis
data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui proses redukasi data,
penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, uji keabsahan
datanya dengan triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat.
Dari hasil temuan penelitian yaitu; Penerapan media e-learning dalam
pembelajaran fiqih di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjo diberlakukan blended
learning; Penerapan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih
dinyatakan belum efektif terhadap prestasi belajar siswa; Pemanfaatan media
pembelajaran e-learning memiliki faktor pendukung yaitu pihak sekolah
vii
menyediakan fasilitas wifi/jaringan internet dan laboratorium komputer untuk
pembelajaran blended learning, dan faktor penghambat yaitu tempat tinggal siswa
yang pelosok serta kondisi ekonomi yang berbeda-beda dari setiap siswa sehingga
tidak semua siswa memiliki paket kuota internet jika siswa mendapat tugas dan
sedang berada di rumah masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan sebagai
saran adalah sekolah memberikan pelatihan yang lebih intensif lagi khususnya
kepada setiap guru mata pelajaran tentang pemanfaatan e-learning, guru fiqih
harus lebih aktif untuk mengelola serta mengupdate setiap konten yang ada di elearning agar lebih menarik, Siswa harus secara aktif belajar dengan mandiri
megakses e-learning untuk mencari bahan materi pelajaran fiqih. tidak hanya
mengandalkan materi yang dari LKS (lembar kerja siswa).
Kata kunci : Efektivitas, E-learning, Prestasi Belajar. | en_US |