Show simple item record

dc.contributor.authorRokhmawati, Ika Nur
dc.date.accessioned2020-11-18T06:27:35Z
dc.date.available2020-11-18T06:27:35Z
dc.date.issued2020-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/382
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaruan pemanfaatan hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Kehadiran teknologi memberikan pilihan lain kepada dunia Pendidikan dalam pemanfaatannya. Penggunaan teknologi memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran, untuk itu guru harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang media pembelajaran online maupun offline. Internet sebagai salah satu sumber belajar telah melahirkan konsep e-learning. Namun yang menjadi persoalan di sini adalah sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah seperti jaringan internet kurang dioptimalkan, hal ini dapat dilihat dari kurang dimanfaatkannya internet sebagai sumber belajar. Terlihat di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjo ini adalah bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki kurang dioptimalkan. Berdasarkan konteks penelitian peneliti merumuskan masalah dengan fokus penelitian bagaimana sebenarnya penerapan media pembelajaran elearning dalam pembelajaran fiqih di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjo, kemudian bagaimana efektivitas media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjo, mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi participant, menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui proses redukasi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, uji keabsahan datanya dengan triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Dari hasil temuan penelitian yaitu; Penerapan media e-learning dalam pembelajaran fiqih di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjo diberlakukan blended learning; Penerapan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fiqih dinyatakan belum efektif terhadap prestasi belajar siswa; Pemanfaatan media pembelajaran e-learning memiliki faktor pendukung yaitu pihak sekolah vii menyediakan fasilitas wifi/jaringan internet dan laboratorium komputer untuk pembelajaran blended learning, dan faktor penghambat yaitu tempat tinggal siswa yang pelosok serta kondisi ekonomi yang berbeda-beda dari setiap siswa sehingga tidak semua siswa memiliki paket kuota internet jika siswa mendapat tugas dan sedang berada di rumah masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran adalah sekolah memberikan pelatihan yang lebih intensif lagi khususnya kepada setiap guru mata pelajaran tentang pemanfaatan e-learning, guru fiqih harus lebih aktif untuk mengelola serta mengupdate setiap konten yang ada di elearning agar lebih menarik, Siswa harus secara aktif belajar dengan mandiri megakses e-learning untuk mencari bahan materi pelajaran fiqih. tidak hanya mengandalkan materi yang dari LKS (lembar kerja siswa). Kata kunci : Efektivitas, E-learning, Prestasi Belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectE-Learningen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titleEfektivitas Media Pembelajaran E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Fatah Jabon Sidoarjoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record