Studi Perencanaan Tebal Lapis Tambah Jalan (Overlay) (Sta 0+000-Sta 11+100) Menggunakan MDPJ 2017 pada Jalan Gajah Mada-Datuk Dibanta Kota Bima
Abstract
Jalan Gajah Mada-Datuk Dibanta dengan panjang 11 KM dan lebar 5 M merupakan jalan di Kota Bima, Provinsi NTB, jalan tersebut diketahui mengalami kerusakan seperti keretakan, keausan, dan berlubang yang disebabkan telah mencapai masa umur rencana dan beban lalu lintas kendaraan berlebih, selain pada jalan tersebut saluran drainase masih kurang maksimal untuk menyalurkan limpasan air hujan ke saluran pembuangan. Studi ini bertujuan untuk merencanakan tebal Perkerasan Lentur (Flexible pavement) dan dimensi saluran drainase agar dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tersebut.
Metode yang digunakan adalah Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Dari hasil perhitungan diketahui CESA5 umur rencana 20 tahun sebesar 21.741.742,26ESA, dan CBR sebesar 5,0%, maka didapat tebal lapis tambah (Overlay) sebsar 50 mm. pada perencanaan drainase diketahui (Qs I = 0,690m3/det), (QsII = 0,181m3/det), (Qs III = 0,111m3/det), (Qs IV = 874m3/det), (Qs IV = 2,207 m3/det), (Qs IV = 2,193m3/det). Maka dimensi saluran sebesar (STA I : h = 0,45m, b = 0,40m, w = 0,15m), (STA II : h = 0,30m, b = 0,25m, w = 0,10m), (STA III : h = 0,25m, b = 0,20m, w = 0,10m), (STA IV : h = 0,45m, b = 0,40m, w = 0,20m), (STA V : h = 0,55m, b = 0,45m, w = 0,20m), (STA VI : h = 0,55m, b = 0,40m, w = 0,20m).
Kata Kunci : Drainase, Kota Bima, MDPJ 2017, Overlay.