Show simple item record

dc.contributor.authorArifin, Samsul
dc.date.accessioned2022-06-30T01:43:58Z
dc.date.available2022-06-30T01:43:58Z
dc.date.issued2021-12-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3866
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan sangat pesat, maka banyak tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia, diantaranya maraknya game online yang menyebabkan para pelajar lebih tertarik untuk bermain game dari pada belajar, kurang bijak dalam menggunakan media social dll, Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia sedang mengalami degradasi moral. Pada umumnya praktek pendidikan saat ini juga hanya berhenti pada penekanan aspek kognitif atau pengetahuan dari pada moral. Oleh karena itu diperlukan penanaman nilai-nilai moral atau akhlak kepada para peserta didik. Sehingga Pondok pesantren merupakan tempat yang sangat tepat untuk membentuk karakter agar sesuai dengan nilai-nilai Islam, PP. Al-Barokah mengembangkan pendidikan berbasis karakter Qurani, Keistimewaan dan keunikan pendidikan dari pondok pesantren ini adalah tiga karakter yaitu istiqomah, disiplin, dan cinta ilmu dijadikan sebagai karakter pokok dan tujuan utama, yang menjadi pembeda dengan pondok-pondok yang lain. Hal ini tercermin dari para alumni PP.Al-Barokah yang senantiasa mengimplementasikan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari terutama para alumni yang menjadi pengajar di pondok tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Jenis Studi kasus, sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder dan data lain yang berhubunbgan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan metode reduksi data (kondensasi), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Perencanaan pendidikan islam berbasis karakter Qur’ani di PP. Al-Barokah kota Malang yaitu mencakup brainstorming, Merumuskan tujuan, kurikulum, Tenaga pendidik, Peserta didik, Strategi/metode dan perencanaan evaluasi, 2. Pelaksanaan Pendikan Islam Berbasis Karakter Qur’ani di PP. Al-Barokah dengan menggunakan Metode Kisah, Keteladanan, dan Pembiasaan yang digunakan dalam penanaman karakter disiplin yang melahirkan sikap Imajinatif, Tanggung jawab, pemanfaatan waktu, dan patuh terhadap tata tertib. Karakter istiqomah yang melahirkan kejujuran, suka mempelajari pengetahuan baru dan senantiasa menjaga lisan untuk berkata yang baik, dan cinta ilmu yang menjadikan sikap dan prilakunya sesuai dengan ilmu yang dipahami, rendah hati dan pengabdian serta Evaluasi Pendidikan Islam dengan menggunakan teknik tes dan non tes, 3. Model Pendidikan Islam Berbasis Karakter Qur’ani di PP. Al-barokah adalah model holistik, model pengenalan diri, model perluasan kesadaran dan model Integrasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPelaksanaan Pendidikan Islamen_US
dc.subjectKarakter Qur’anien_US
dc.titlePelaksanaan Pendidikan Islam Berbasis Karakter Qur‟ani di PP. Al-Barokah Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record