Pelaksanaan Pendidikan Islam Berbasis Karakter Qur‟ani di PP. Al-Barokah Kota Malang
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan
sangat pesat, maka banyak tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di
Indonesia, diantaranya maraknya game online yang menyebabkan para pelajar
lebih tertarik untuk bermain game dari pada belajar, kurang bijak dalam
menggunakan media social dll, Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia
sedang mengalami degradasi moral. Pada umumnya praktek pendidikan saat ini
juga hanya berhenti pada penekanan aspek kognitif atau pengetahuan dari pada
moral. Oleh karena itu diperlukan penanaman nilai-nilai moral atau akhlak
kepada para peserta didik. Sehingga Pondok pesantren merupakan tempat yang
sangat tepat untuk membentuk karakter agar sesuai dengan nilai-nilai Islam, PP.
Al-Barokah mengembangkan pendidikan berbasis karakter Qurani,
Keistimewaan dan keunikan pendidikan dari pondok pesantren ini adalah tiga
karakter yaitu istiqomah, disiplin, dan cinta ilmu dijadikan sebagai karakter
pokok dan tujuan utama, yang menjadi pembeda dengan pondok-pondok yang
lain. Hal ini tercermin dari para alumni PP.Al-Barokah yang senantiasa
mengimplementasikan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari terutama
para alumni yang menjadi pengajar di pondok tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Jenis Studi
kasus, sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari
jawaban ketika wawancara dan data sekunder dan data lain yang berhubunbgan
dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan metode reduksi
data (kondensasi), penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Perencanaan pendidikan islam
berbasis karakter Qur’ani di PP. Al-Barokah kota Malang yaitu mencakup
brainstorming, Merumuskan tujuan, kurikulum, Tenaga pendidik, Peserta didik,
Strategi/metode dan perencanaan evaluasi, 2. Pelaksanaan Pendikan Islam
Berbasis Karakter Qur’ani di PP. Al-Barokah dengan menggunakan Metode
Kisah, Keteladanan, dan Pembiasaan yang digunakan dalam penanaman karakter
disiplin yang melahirkan sikap Imajinatif, Tanggung jawab, pemanfaatan waktu,
dan patuh terhadap tata tertib. Karakter istiqomah yang melahirkan kejujuran,
suka mempelajari pengetahuan baru dan senantiasa menjaga lisan untuk berkata
yang baik, dan cinta ilmu yang menjadikan sikap dan prilakunya sesuai dengan
ilmu yang dipahami, rendah hati dan pengabdian serta Evaluasi Pendidikan
Islam dengan menggunakan teknik tes dan non tes, 3. Model Pendidikan Islam
Berbasis Karakter Qur’ani di PP. Al-barokah adalah model holistik, model
pengenalan diri, model perluasan kesadaran dan model Integrasi.