Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Multikultural di SMP Negeri 15 Kota
Abstract
Pendidikan multikultural dipandang sebagai salah satu alternative model pendidikan yang cocok untuk menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik pada konteks Negara Indonesia dengan tingkat heterogenitas yang tinggi. Saat ini, konsep pendidikan multikultural mulai menuai popularitas dikalangan pemerhati pendidikan dan penyusun kebijakan pendidikan nilai yang memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap hak-hak warga Negara tanpa membeda-bedakan etnis, agama, ras, budaya dan warna kulit seiring dengan maraknya konflik radikalisme, isu sara dan berbagai ketegangan yang terjadi beberapa tahun belakangan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP Negeri 15 Kota Malang. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis guru PAI dalam merencanakan penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 15 Kota Malang. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis guru PAI dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 15 Kota Malang. 4) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 15 Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari metode tersebut kemudian peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP Negeri 15 Kota Malang yaitu: nilai toleransi, nilai tolong menolong, nilai persamaan dan persaudaraan, nilai keadilan. 2) guru pendidikan agama islam dalam merencanakan penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 15 Kota Malang ketika sebelum memulai pembelajaran menyiapkan terlebih dahulu perangakat pembelajaran diantaranya: kalender pendidikan, alokasi waktu pembelajaran, program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, jurnal harian mengajar dan penilaian. 3) guru pendidikan agama islam dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 15 Kota Malang dilakukan dengan tiga tahap yaitu: Moral knowing, Moral feeling dan moral action. 4) evaluasi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 15 Kota Malang sudah mecakup seluruh aspek penilain yaitu kognitif, afektid dan psikomotorik.