Pengaruh Kualitas Tidur dan Manajemen Waktu Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Pendahuluan: Selama pembelajaran daring, mahasiswa fakultas kedokteran mengalami peningkatan durasi penggunaan gawai serta stresor akademik yang dapat menyebabkan perubahan siklus tidur yang berdampak pada kualitas tidur mahasiswa. Selain itu, adanya ketidakteraturan jadwal akademik dapat mempengaruhi manajemen waktu mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh kualitas tidur dan manajemen waktu terhadap performa akademik mahasiswa fakultas kedokteran selama pembelajaran daring.
Metode Penelitian: Studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional pada 256 responden Mahasiswa Pre-klinik FK UNISMA yang terdiri dari mahasiswa tingkat pertama, kedua, dan ketiga. Penilaian kualitas tidur diukur dengan kuesioner Sleep Quality Scale, sedangkan manajemen waktu diukur dengan kuesioner Time Management Questionnaire. Performa akademik mahasiswa menggunakan nilai blok Patologi Sistem Urinari, Fisiologi Sistem Urinari 1 & KCEAB, dan Biologi Molekuler Sel dan Genetika pre-remidi yang dianalisis dengan uji regresi logistik ordinal. Apabila hasil didapatkan nilai p-value < 0.05, maka dianggap berpengaruh signifikan.
Hasil dan Pembahasan: Pada mahasiswa tingkat pertama didapatkan adanya pengaruh signifikan pada kualitas tidur dan manajemen waktu terhadap performa akademik (nilai p-value < 0.05). Namun pada mahasiswa tingkat kedua dan ketiga tidak didapatkan adanya pengaruh signifikan antara kualitas tidur terhadap performa akademik (nilai p-value >0.05). Sedangkan hasil uji manajemen waktu didapatkan adanya pengaruh signifikan terhadap performa akademik (nilai p-value < 0.05). Hal ini terjadi karena adanya perbedaan proses pembelajaran pada mahasiswa tingkat pertama yang memiliki kegiatan lebih padat dibandingkan dengan mahasiswa tingkat kedua dan ketiga.
Kesimpulan: Kualitas tidur hanya berpengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat pertama, sehingga semakin baik kualitas tidur mahasiswa maka performa akademik yang didapatkan semakin memuaskan. Sedangkan manajemen waktu berpengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa, sehingga semakin baik manajemen waktu mahasiswa maka performa akademik yang didapatkan semakin memuaskan. Faktor yang paling menentukan performa akademik yaitu manajemen waktu.
Kata Kunci: Performa akademik, kualitas tidur, manajemen waktu, pembelajaran daring.