Pengaruh Burnout dan Konsentrasi Terhadap Peforma Akademik Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran
dc.contributor.author | Windasari, Marlena Ayu | |
dc.date.accessioned | 2022-07-01T02:17:21Z | |
dc.date.available | 2022-07-01T02:17:21Z | |
dc.date.issued | 2022-04-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3940 | |
dc.description.abstract | Pendahuluan: Selama pandemi Covid-19 seluruh proses pembelajaran dilakukan secara daring untuk menghindari kerumunan. Akibatnya aktivitas perkuliahan menjadi monoton dan mahasiswa mudah bosan. Metode ini kurang interaktif dan menyebabkan penurunan konsentrasi mahasiswa. Burnout dan tingkat konsentrasi pada mahasiswa merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring yang nantinya berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Penelitian ini mengidentifikasi adanya burnout sewaktu pembelajaran daring sehingga mempengaruhi konsentrasi belajar yang berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Metode: Penelitian ini menggunakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan responden mahasiswa FK UNISMA sejumlah 271 mahasiswa tingkat 1, 2 dan 3. Penilaian burnout diukur dengan kuisioner Maslach Burnout Inventory (MASS) dan konsentrasi diukur menggunakan kuisioner The Mindfull Attention Awareness Scale. Data sekunder berupa performa akademik mahasiswa didapatkan dari bagian akademik yaitu nilai blok. Data statistik dianalisa menggunakan regresi logistik dengan nilai < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan adanya pengaruh signifikan konsentrasi terhadap performa akademik sebesar 0.001. Katanya mengidentifikasi adanya burnout pada mahasiwa, namun pada mahasiswa tingkat satu tidak mempengaruhi performa akademik sebesar 0.014. Burnout hanya berpengaruh pada performa akademik mahasiswa tingkat dua dan tiga sebesar 0.004. Sedangkan konsentrasi belajar mempengaruhi performa akademik mahasiswa pada semua tingkatan. Kesimpulan: Terindikasi adanya burnout pada mahasiswa kedokteran yang tidak berpengaruh pada performa akademik. Justru konsentrasi belajar merupakan faktor yang penting dan mempengaruhi performa akademik mahasiswa FK UNISMA. Kata kunci: Pembelajaran daring, performa akademik, burnout, konsentrasi belajar. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Malang | en_US |
dc.subject | Pembelajaran daring | en_US |
dc.subject | performa akademik | en_US |
dc.subject | burnout | en_US |
dc.subject | konsentrasi belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Burnout dan Konsentrasi Terhadap Peforma Akademik Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT - Medical Education
Koleksi Skripsi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter