View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Burnout dan Konsentrasi Terhadap Peforma Akademik Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran

Thumbnail
View/Open
Publish (1.494Mb)
Fulltext (2.680Mb)
Date
2022-04-18
Author
Windasari, Marlena Ayu
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan: Selama pandemi Covid-19 seluruh proses pembelajaran dilakukan secara daring untuk menghindari kerumunan. Akibatnya aktivitas perkuliahan menjadi monoton dan mahasiswa mudah bosan. Metode ini kurang interaktif dan menyebabkan penurunan konsentrasi mahasiswa. Burnout dan tingkat konsentrasi pada mahasiswa merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring yang nantinya berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Penelitian ini mengidentifikasi adanya burnout sewaktu pembelajaran daring sehingga mempengaruhi konsentrasi belajar yang berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Metode: Penelitian ini menggunakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan responden mahasiswa FK UNISMA sejumlah 271 mahasiswa tingkat 1, 2 dan 3. Penilaian burnout diukur dengan kuisioner Maslach Burnout Inventory (MASS) dan konsentrasi diukur menggunakan kuisioner The Mindfull Attention Awareness Scale. Data sekunder berupa performa akademik mahasiswa didapatkan dari bagian akademik yaitu nilai blok. Data statistik dianalisa menggunakan regresi logistik dengan nilai < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan adanya pengaruh signifikan konsentrasi terhadap performa akademik sebesar 0.001. Katanya mengidentifikasi adanya burnout pada mahasiwa, namun pada mahasiswa tingkat satu tidak mempengaruhi performa akademik sebesar 0.014. Burnout hanya berpengaruh pada performa akademik mahasiswa tingkat dua dan tiga sebesar 0.004. Sedangkan konsentrasi belajar mempengaruhi performa akademik mahasiswa pada semua tingkatan. Kesimpulan: Terindikasi adanya burnout pada mahasiswa kedokteran yang tidak berpengaruh pada performa akademik. Justru konsentrasi belajar merupakan faktor yang penting dan mempengaruhi performa akademik mahasiswa FK UNISMA. Kata kunci: Pembelajaran daring, performa akademik, burnout, konsentrasi belajar.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3940
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group