Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Subtema Keragaman Budaya Bangsaku) Untuk Anak Lamban Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author Yunita, Fernanda
dc.date.accessioned 2022-07-01T03:11:57Z
dc.date.available 2022-07-01T03:11:57Z
dc.date.issued 2021-06-30
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3962
dc.description.abstract Pandemi covid-19 menyebabkan adanya perubahan pada pembelajaran. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini beralih menjadi pembelajaran dalam jaringan (online), karena untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19 agar tidak semakin menyebar luas. Dalam hal ini siswa lamban belajar juga mengikuti pembelajaran online. Strategi pembelajaran sangat bervariasi. Meskipun pembelajaran dilaksanakan secara dalam jaringan (online), guru kelas tetap menggunakan strategi pembelajaran agar siswa tidak bosan disaat mengikuti pembelajaran online. Di Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keanekaragaman Budaya Bangsaku terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang dipelajari yaitu Gagasan pokok dan Gagasan pendukung. Siswa reguler dan siswa lamban belajar juga mempelajari materi pelajaran yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Bahasa Indonesia untuk anak lamban belajar di kelas 4B selama pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara dalam jaringan (online) di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, karena subjek dalam penelitian ini adalah siswa lamban belajar yang nilai akademiknya rendah. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer adalah guru kelas 4B dan siswa lamban belajar, dan sumber data sekunder adalah buku tugas milik siswa lamban belajar. Prosedur dalam pengumpulan data ini ada tiga yaitu, (1) observasi berupa mengamati kegiatan selama pembelajaran daring yang dilakukan oleh siswa lamban belajar, (2) wawancara berupa wawancara dengan guru kelas 4B melalui aplikasi Whatsapp, dan (3) dokumentasi berupa buku tugas milik siswa lamban belajar, RPP Tema 1 Subtema 1, dan silabus Tema 1 Subtema 1. Analisis data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mereduksi data berupa dokumentasi wawancara, dan hasil observasi yang diperoleh dari pembelajaran dalam jaringan (online) yang dilaksanakan oleh guru dan siswa lamban belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku, (2) menyajikan data berupa data yang sudah didapatkan akan disusun setelah itu disajikan, (3) menarik kesimpulan berupa menarik kesimpulan dari data yang sudah diperoleh. Tahapan penelitian ada tiga yaitu, (1) persiapan berupa menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara dengan guru kelas 4B dan kepala sekolah, (2) pelaksanaan berupa observasi atau pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara dalam jaringan (online) yang dilakukan oleh guru dan siswa, (3) pelaporan berupa analisis yang menguraikan mengenai strategi pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Bahasa Indonesia untuk siswa lamban belajar kelas 4 SD yang digunakan oleh guru di masa pandemi covid-19. Instrumen penelitian pada penelitian ini ada tiga yaitu, (1) dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, video pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku, (2) wawancara bertujuan untuk menggali informasi tentang siswa lamban belajar dan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu, (1) Perencanaan pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Bahasa Indonesia di SD yaitu di dasarkan pada Silabus Tema 1 Subtema 1 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema 1 Subtema 1, akan tetapi di masa pandemi covid-19 ini kegiatan pembelajaran disederhanakan dikarenakan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (online). Dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara online ini, guru memberikan tugas yang sama untuk siswa reguler dan siswa lamban belajar, yaitu mengerjakan LKS Tema 1 Subtema 1 materi gagasan pokok dan gagasan pendukung, (2) Jenis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di masa pandemi covid-19 yaitu strategi pembelajaran ekspositori, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran dalam jaringan (online) guru hanya menjelaskan materi pelajaran, selanjutnya memberikan tugas pada siswa, (3) Strategi pembelajaran khusus untuk siswa lamban belajar yaitu guru kelas 4B memiliki strategi pembelajaran yang khusus untuk siswa lamban belajar, apabila siswa lamban belajar menemui kesulitan dalam pembelajaran, guru kelas 4B akan menelpon melalui video call Whatsapp dan menjelaskan kembali materi gagasan pokok dan gagasan pendukung. Simpulan dalam penelitian ini yaitu, perencanaan pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Bahasa Indonesia di dasarkan pada Silabus Tema 1 Subtema 1 dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema 1 Subtema 1, strategi pembelajaran memiliki banyak variasi, dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara dalam jaringan, guru tetap menggunakan strategi pembelajaran baik, guru juga memiliki strategi pembelajaran khusus untuk siswa lamban belajar yang disesuaikan dengan kemampuan siswa lamban belajar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 (Keragaman Budaya Bangsaku), Anak Lamban Belajar, Pandemi Covid-19. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 (Keragaman Budaya Bangsaku) en_US
dc.subject Anak Lamban Belajar en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Subtema Keragaman Budaya Bangsaku) Untuk Anak Lamban Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account