dc.description.abstract | Kemajuan teknologi serta pembelajaran virtual menggambarkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan mulai dapat berkesinambungan dan berkembang dengan sangat pesat. Di satu sisi, hal ini berdampak positif bagi peradaban manusia, namun di sisi lain manusia mulai meninggalkan spiritualitasnya sehingga menimbulkan krisis spiritual, yang dimanifestasikan dalam degradasi moral dan disorientasi dalam kehidupan. Semua ini diukur dengan akal dan sains. Meskipun nalar artifisial terbatas, tidak semuanya bisa diukur dengan nalar. Inilah yang menjadikan spiritualitas penting dalam sains dan pendidikan. Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy memliki banyak nilai nilai pendidikan spiritual yang terkandung didalamnya sehingga dapat dijadikan pelajaran. Terutama spiritual bagi pemuda dan pemudi muslim yang serat akan kemajuan zaman saat ini.
Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai-nilai pendidikan spiritual yang dibangun oleh pengarang dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy dan mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan spiritual dalam Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy dengan praktik belajar mengajar masa kini.
Objek penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan spiritual dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy . Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan langkah-langkah membaca dan memahami novel, menandai nilai-nilai pendidikan spiritual, mengklasifikasi data sesuai rumusan masalah, memberi kode data dan menafsirkan data yang sudah ditemukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara penulis untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan spiritual dalam karya sastra yang ada dalam novel Bidadari Bermata Bening digambarkan melalui empat bentuk nilai spiritual dalam novel yaitu nilai religious, nilai moral, nilai estetik dan nilai kebenaran. Ke 4 element dalam nilai spiritual dalam karya sastra ini terkandung semua dalam novel karya Habiburrahman El Shirazy yang berjudul Bidadari Bermata Bening ini. Adapun nilai-nilai yang terkandung mengandung sifat-sifat dari asma Allah yang mulia sehingga dapat diambil pelajaran sebagai nilai-nilai pendidikan spiritual jika di baca.
Relevansi nilai-nilai pendidikan spiritual dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy dengan pendidikan Islam masa kini adalah dengan adanya nilai-nilai pendidikan spiritual ini pendidikan Islam tidak hanya berupa penyampaian materi saja. Namun juga dapat mempraktikkan dengan benar sesuai ajaran Islam, baik itu ajaran yang berhubungan dengan manusia maupun berhubungan dengan Allah. Hal tersebut dapat menyeimbangkan orientasi pendidikan yang disampaikan. Orientasi subtansial dan orientasi esensial dapat berjalan dengan seimbang. Orientasi subtansial seperti mendapatkan pekerjaan yang berpenghasilan tinggi seimbang dengan Orientasi esensial seperti orientasi akhirat.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Spiritual, Novel | en_US |