View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan

Thumbnail
View/Open
FullText (4.799Mb)
Publish (3.714Mb)
Date
2021-11-26
Author
Rokhman, Abdul
Metadata
Show full item record
Abstract
Menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam kepada diri siswa menjadi sangat penting, dan salah satu upaya tersebut adalah dengan proses pembiasaan di lingkungan madrasah. Proses pembiasaan tersebut dapat dilakukan dengan cara menciptakan suasana religius di madrasah, baik melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan praktik-praktik keagamaan yang terprogram dan rutin, sehingga diharapkan dapat melaksanakan dan menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam secara baik kepada siswa-siswa. Sehingga setelah lulus, para siswa tidak hanya menguasai ilmu-ilmu umum saja namun mampu menjadi insan yang mempunyai kualitas keimanan yang kuat serta komitmen selalu berprilaku terpuji dalam menjalani kehidupannya di zaman globalisasi yang penuh dengan tantangan dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agamanya. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan. 2) mendeskripsikan dan menganalisis proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan. 3) mendeskripsikan dan menganalisis dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan. Jenis pendahuluan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif artinya dituangkan dalam bentuk laporan dan uraian. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yaitu berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kraton Pasuruan yaitu: keikhlasan, kedisiplinan, amanah, tawadhu’, dan istiqomah. 2) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung maupun diluar pembelajaran dan juga melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan pembiasaan sekolah seperti istighosah, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, dan hafalan surah-surah pendek Al-Qur’an. 3) Dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk akhlak mulia siswa adalah terbiasa melaksanakan ibadah, terbentuknya akhlak al-karimah siswa, keakraban dengan teman yang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain yang terkena musibah, bersikap toleran, dan taat peraturan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3969
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group