Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Islam Siswa Kelas V MI Mambaul Ulum Pakis Malang
Abstract
Strategi pembelajaran saja tidak cukup untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa harus termotivasi untuk menggunakan strategi, dan mengatur kognisi dan upaya mereka. Motivasi adalah kekuatan internal yang mendorong individu untuk bertindak dalam rangka memuaskan keinginannya. Kekuatan internal dapat dipicu baik oleh individu itu sendiri maupun oleh lingkungan. Dengan demikian, individu dengan motivasi tinggi dan efektivitas diri yang tinggi akan mampu meraih tujuan pembelajaran lebih optimal.
Kemudahan teknologi di lingkungan sekitar menuntut pembaruan dalam media untuk kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media audio visual dianggap sebagai aktivitas yang mampu menarik perhatian siswa selama kegiatan belajar mengajar. Media audio visual diharapkan mampu menjadi media yang membantu siswa memahami materi dan menikmati pembelajaran. Hal ini tentunya bertujuan
13
meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama untuk mata pelajaran PAI. Maka, dalam pembuktiannya peneliti ingin menguji pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada Materi Sejarah Islam siswa Kelas V MI Mambaul Ulum Pakis Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu (Kuasi Eksperimen) yang melibatkan satu kelompok obyek penelitian. Analisis data digunakan untuk melihat pengaruh proses pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui analisis statistik inferensial yang dilakukan untuk menguji hipotesis melalui uji t berpasangan. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas varian sebelum dilanjutkan uji hipotesis parametrik. Uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan (paired t-test). Sebelum uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji one sample Kolmogrov Sminorv.Kemudian uji homogenitas varian menggunakan Levene’s test of equality of error variances.
Media pembelajaran audio visual mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas V MI Mambaul Ulum Pakis Malang. Berdasarkan hasil analisis uji t berpasangan menunjukkan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media belajar audio visual berbeda dengan hasil thitung 4,001 dengan taraf signifikasi yang diperoleh sebesar 0,000<0,05. Efektivitas peningkatan
14
motivasi belajar siswa kelas V MI Mambaul Ulum Pakis Malang sebelum dan sesudah penggunaan media belajar audio visual dapat ditunjukkan dari peningkatan hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 35,22% dan hasil observasi motivasi belajar siswa sebesar 44,86%.