Show simple item record

dc.contributor.authorZaman, M Badruz
dc.date.accessioned2022-07-01T03:25:58Z
dc.date.available2022-07-01T03:25:58Z
dc.date.issued2021-08-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3977
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini yakni 1) Mendeskripsikan pengaruh kesadaran ekologi terhadap kemampuan membaca cerita pendek pada siswa kelas X MA Al Ittihad. 2) Mendeskripsikan pengaruh kesadaran ekologi terhadap kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas X MA Al Ittihad. 3) Mendeskripsikan pengaruh kesadaran ekologi terhadap kemampuan membaca dan menulis cerita pendek pada siswa kelas X MA Al Ittihad. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dalam prosesnya banyak menggunakan angka-angka dari mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan hasil. Penelitian ini menggunakan desain ex post facto dalam hal ini penelitian dengan pertimbangan (1) penilitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran ekologi siswa dalam membaca dan menulis cerita pendek, (2) variabel penelitian ini adalah variabel bebas, yaitu pengaruh kesadaran ekologi dan variabel terikat, yaitu membaca cerita pendek dan menulis cerita pendek, dan (3) dalam penelitian ini tidak perlu dilakukan perlakukan terhadap variabel bebas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kesadaran ekologis terhadap kemampuan membaca cerita pendek, dan 2) mengetahui pengaruh kesadaran ekologis terhadap kemempuan menulis cerpen. Berdasarkan hasil uji coba instrumen data yang didapatkan mempunyai hubungan yang signifikan sehingga instrumen ini dapat digunakan untuk penelitian. Untuk mengetahi kevalidan item-item soal. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, antara lain. (1) Tahap Persiapan. Pada tahap ini peneliti memilih judul, mengadakan studi pustaka, menyusun rencana penelitian, dan membuat instrumen penelitian. (2) Tahap Pelaksanaan. Pada tahap ini peneliti melakukan pengumpulan data, mengolah data, dan menginterpretasikan data. (3) Tahap Penyelesaian. Pada tahap ini peneliti menyusun laporan penelitian, perbaikan, penggandaan dan laporan pertanggungjawaban penelitian. Hasil penelitian ini dapat diketahui tingkat pengaruh kesadaran ekologi siswa dalam kemampuan membaca cerita pendek dengan besar nilai koefisien regresi untuk variabel kesadaran ekologi dalam membaca cerpen adalah 82,422 dengan parameter positif. Sedangkan tingkat pengaruh kesadaran ekologi siswa dalam kemampuan menulis cerita pendek dengan besar nilai koefisien regresi untuk variabel kesadaran ekologi dalam menulis cerpen adalah 95,940 dengan parameter positif. Data nilai yang didapat dari tes kesadaran ekologi membaca adalah diperoleh rata-rata 90,95 dari jumlah total 1.819, dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 87. Sedangkan data nilai yang didapat dari tes kesadaran ekologi menulis adalah diperoleh rata-rata 88,15 dari jumlah total 1.763, dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 80. Kalau diambil dari rata-rata keseluruhan pengaruh kesadaran ekologi antara membaca dan menulis cerpen adalah 89,55. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kesadaran ekologis mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam kemampuan membaca dan menulis cerita pendek siswa kelas X MA Al Ittihad artinya kesadaran ekologis dalam kemampuan membaca dan menulis cerita pendek sangat berpengaruh. Kata Kunci: Kesadaran, Ekologi, Cerpen, Menulis, Membaca  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectKesadaranen_US
dc.subjectEkologien_US
dc.subjectCerpenen_US
dc.subjectMenulisen_US
dc.subjectMembacaen_US
dc.titlePengaruh Kesadaran Ekologi Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MA Al Ittihaden_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record