dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengujian hipotesis, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Universitas Islam Malang Universitas Negeri Malang. Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Jumlah mahasiswa akuntansi aktif di Universitas Islam Malang adalah 950, untuk jumlah mahasiswa akuntansi aktif di Universitas Negeri Malang adalah 1000, dan untuk Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sebanyak 800 orang. total populasi 2.750 siswa aktif. Kemudian untuk pengambilan sampel, slovin . Rumus yang digunakan, Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program paket statistik untuk ilmu sosial (SPSS) for windows versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar berpengaruh signifikan pada tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi (0,000<0,05), kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,667>0,05, kecerdasan spiritual berpengaruh negatif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05.
Kata Kunci : Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi | en_US |