Show simple item record

dc.contributor.authorAriyanto, Robi
dc.date.accessioned2022-07-07T05:18:54Z
dc.date.available2022-07-07T05:18:54Z
dc.date.issued2021-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4170
dc.description.abstractBerbicara mengenai pendidikan, setiap anak berhak mendapatkan fasilitas pendidikan yang laya. Sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 31. Selain itu sistem pendidikan nasional juga sudah diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2003, yang mana setiap anak mempunyai hak memperoleh pendidikan, dan dijamin oleh nagara tanpa adanya diskriminasi. Sejalan dengan itu artinya semua anak baik dia normal maupun berkebutuhan khusus (ABK) berhak memperoleh pendidikan. Sehingga apa bila di suatu sekolah terdapat anak yang berkebutuhan khusus sudah semestinya sekolah harus mampu memfasilitasinya. Berdasarkan penjelasan diatas fokus penelitian sebagai berikut ini : (1) Pendampingan (Strategi,Problematika,Solusi) guru BI dalam pembelajaran membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (Slow Leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari, (2) Pendampingan (Strategi,Problematika,Solusi) guru BK dalam pembelajaran membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (Slow Leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pendampingan guru, sebagai berikut ini: (1). Mendeskripsikan pendampingan guru BI (Strategi,Problematika, Solusi) dalam pembelajaran membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (Slow Learners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu, (2) Mendeskripsikan pendampingan guru BK (Strategi,Problematika,Solusi) dalam pembelajaran membaca teks bahasa Indonesia pada siswa lamban belajar (Slow Leaners) kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan, penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pendampingan guru dalam pembelajaran membaca terhadap siswa lamban belajar. Subyek dari penelitian ini yakni guru BI dan Guru BK. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahapan, mulai dari mengumpulkan data, memiliah data, mengelompokan data hingga menarik kesimpulan. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan cara teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana pendampingan guru dalam pembelajaran membaca terhadap siswa lamban belajar, yakni (1) Bentuk pendampingan yang dilakukan kebanyakan dilakukan di laur jam kelas normal baik pendampingan yang dilakukan guru BI maupun Guru BK, (2) dalam pelaksaanan pendampingan pembelajaran membaca menggunakan strategi, baik memanfaatkan teknologi informasi sebagai media untuk membantu siswa memahami isi bacaan, (3) didalam proses pendampingan tentunya mengalami beberapa kendala, baik kendalaan yang dihadapi siswa berupa kesulitan membaca maupun kendala yang sifatnya diluar pendampingan yakni masalah waktu. (4) Dari permasalahan yang muncul guru tetap berusaha untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Kata Kunci: Pendampingan Guru, Pembelajaran Membaca, Anak Lamban Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectPendampingan Guruen_US
dc.subjectPembelajaran Membacaen_US
dc.subjectAnak Lamban Belajaren_US
dc.titlePendampingan Guru Dalam Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Indonesia Pada Siswa Lamban Belajar Kelas Viii Di MTs Hasyim Asy’ari Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record