Show simple item record

dc.contributor.authorAprilia, Iza Ferdina
dc.date.accessioned2022-07-13T03:53:24Z
dc.date.available2022-07-13T03:53:24Z
dc.date.issued2022-05-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4275
dc.description.abstractUntuk mencapai tujuan pendidikan salah satu yang sangat diperlukan adalah dukungan metode yang tepat, yang diharapkan dapat memperlancar keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Metode diskusi adalah proses tukar menukar informasi, pendapat, dan unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk mendapat pengertian bersama yang lebih jelas dan lebih cermat tentang permasalan atau topik yang dibahas. Dari latar belakang di atas dapat dirumuskan beberapa masalah, diantaranya 1) Bagaimana penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu? 3) Apakah ada pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Hasy’im Asy’ari Batu? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu? 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akkhlak kelas VIII di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini Quasy Experiment Design. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 284 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 2 kelas berjumlah 30 siswa, yakni 15 siswa dari kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa dari VIII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Pada teknik cluster random sampling ini pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes tulis (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tiga tahap, antara lain: 1) Uji instrument data validitas dan uji reliabilitas, 2) Uji prasyarat analisis. Dalam uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian 3) Uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak. Dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol 43,33 dan rata-rata kelas eksperimen 81,00. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menggunakan uji-T pada signifikan 5% diperoleh t hitung > t tabel (8,584 > 0,3610). Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Aqidah Akhlaken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMetode Diskusien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectAqidah Akhlaken_US
dc.titlePengaruh Metode Diskusi Terhadap hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Hasyim Asy’ari Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record