dc.description.abstract | Adanya wabah covid-19 sangat mempengaruhi sistem pendidikan di sekolah dimana pembelajaran berubah menjadi pembalajaran dari rumah secara daring (Learning From Home) maka secara otomatis model dalam pembelajaran juga ikut berubah. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini, untuk senantiasa merelevankan antara model yang digunakan dengan keadaan saat ini. Berdasarkan Grand Tour yang dilakukan peneliti di SMP Wahid Hasyim Malang, terlihat kegiatan pembelajaran diikuti oleh siswa dari rumah (Learning From Home) dengan memanfaatkan berbagai aplikasi (Multimedia) yang disiapkan dalam berbagai jaringan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus masalah yang telah peneliti rumuskan, yakni mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Model pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis multimedia di SMP Wahid Hasyim Malang di masa pandemi covid-19. Maka untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa teknik/metode, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi
Pada penelitian yang telah dilakukan, guru PAI di SMP Wahid Hasyim Malang untuk mencapai tujuan pembelajaran, ada beberapa hal yang dipersiapkan, yakni membuat RPP khusus daring, memantapkan diri terhadap materi dalam artian menyiapkan materi dan soal-soal untuk mengevaluasi pencapaian siswa, begitu juga media sebagai alat untuk menghubungkan guru dan siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan strategi Saintifik Learnin dengan model pembelajaran Interaksi sosial, Pemrosesan informasi dan Pengembangan pribadi yang berbasis multimedia dengan memanfaatkan media aplikasi (WhatsApp, Google form, Classroom, Website dan Quizizz). Dan sebagai saran dari peneliti, siswa hendaknya terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesadaran akan tugas-tugasnya sebagai siswa, pada intinya guru dan siswa terus berusaha menciptakan kenyamanan dalam pembelajaran daring sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Multimedia. | en_US |