dc.description.abstract | Self regulated learning siswa akan membawa pengaruh besar untuk berfikir aktif dan kreatif karena mampu menyelesaikan persoalan tanpa bantuan guru. Self regulated learning dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya motivasi. Peran self regulated learning dan motivasi belajar itu sangat penting dalam diri siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan mampu meraih prestasi yang diinginkan. Siswa yang ingin mencapai prestasi yang tinggi maka harus memiliki percaya diri yang kuat dan keyakinan dengan setiap tindakan yang dilakukannya. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan selalu berusaha untuk mengerjakan tugas dengan cepat sedangkan untuk motivasi berprestasi rendah akan menunjukkan rasa malas untuk memulai suatu pekerjaannya. Motivasi berprestasi merupakan usaha secara individu apabila ingin mencapai prestasi yang tinggi maka harus memiliki percaya diri yang kuat dan harus mempunyai keyakinan dengan setiap tindakan yang dilakukannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning siswa kelas IV MI Tarbiyatul Huda Kota Malang, untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi siswa kelas IV MI Tarbiyatul Huda Kota Malang, dan untuk mengetahui self regulated learning terhadap motivasi berprestasi siswa kelas IV MI Tarbiyatul Huda Kota Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian survey. Variabel pada penelitian ini yaitu self regulated learning (variabel bebas) dan motivasi berprestasi siswa (variabel terikat). Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas IV A dan IV B berjumlah 48 siswa. Peneliti mengambil data menggunakan dua angket pada setiap variabel. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh self regulated learning atau tidak pengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa. Dalam penelitian ini semua perhitungan menggunakan bantuan progam SPSS_24.
Berdasarkan hasil teknik analisis regresi linier sederhana diperoleh hasil nilai signifikansi (Sig.) 0,003 < probabilitas 0,05 (5%). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel self regulated learning terhadap motivasi berprestasi siswa kelas IV MI Tarbiyatul Huda Kota Malang.
Peneliti menyarankan, apabila siswa cenderung memiliki motivasi berprestasi rendah maka guru dapat menerapkan self regulated learning sebagai usaha untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan melalui penelitian ini dapat dijadikan untuk mengkaji lebih serta dapat mengembangkan dalam bentuk penelitian lain dengan variabel yang berbeda dan subjek penelitian yang lebih luas.
Kata Kunci: Self Regulated Learning, Motivasi Berprestasi, Siswa. | en_US |