Show simple item record

dc.contributor.authorAzzahro, Syahidah
dc.date.accessioned2022-08-01T02:35:15Z
dc.date.available2022-08-01T02:35:15Z
dc.date.issued2022-07-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4435
dc.description.abstractPada masa sekarang ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia dalam melaksanakan kehidupan yang tidak lepas dari pendidikan. Pendidikan Taman Kanak-kanak berbagai macam dan usaha membantu anak untuk mencapai tujuan hidup atau perkembangan apapun yang dilakukan oleh guru di Taman Kanak-kanak. Program kegiatan belajar Taman Kanak-kanak disebutkan bahwa kegiatan belajar dalam kemampuan dasar aspek perkembangan, perkembangan kognitif anak yang memiliki kecerdasan dalam berkonsentrasi dan berhitung. Media kartu angka ini dapat memberikan stimulus dan mengembangkan kecerdasan anak dalam mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan bagi anak. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengenalan konsep bilangan, penggunaan media kartu angka untuk pengenalan konsep bilangan anak kelompok B di TA Al-Ikhlas, serta evaluasi penggunaan media kartu tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan anak di kelas. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengenalan konsep bilangan. Mendeskripsikan penggunaan kartu dalam mengenalkan konsep bilangan, serta mengevaluasi penggunaaan kartu angka tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif dalam bersifat analisis holistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dilakukan dengan wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur kepada pihak terkait. Sumber data dari sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan cara uji kredibilitas dengan menggunakan metode triangulasi. Pembelajaran pengenalan konsep bilangan dengan media kartu angka di TA Al-Ikhlas disesuaikan dengan tema dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang dibuat oleh guru. Pengenalan konsep bilangan dilakukan dengan berbagai macam variasi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan anak seperti mengenalkan dan menghafalkan bilangan, menghitung benda, dan menghubungkan jumlah benda sesuai bilangan. Penggunaan media kartu angka bagi anak dapat membantu untuk mengembangkan stimulus konsentrasi, memecahkan masalah dan membangun pengetahuan mengenai konsep bilangan serta mengembangkan kemampuan berhitung. Sebagai rekomendasi dari penelitian ini adalah agar guru menggunakan bahan media pembelajaran yang menarik dan kreatif bagi anak, media tidak mudah rusak dan hilang, serta memberikan jumlah lebih banyak. Untuk kepala sekolah yaitu memberikan fasilitas yang mendukung dalam meningkatakan pengetahuan mengenai konsep bilangan bagi anak. Kata Kunci: Kartu Angka, Pengenalan Konsep Bilangan, Anak Usia Dinien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Raudhatul Athfalen_US
dc.subjectPendidikan Islam Anak Usia Dinien_US
dc.subjectKartu Angkaen_US
dc.subjectPengenalan Konsep Bilanganen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePenggunaan Kartu Angka dalam Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B di TA Al-Ikhlasen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record