View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penggunaan Kartu Angka dalam Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B di TA Al-Ikhlas

Thumbnail
View/Open
Publish (2.004Mb)
Fulltext (3.294Mb)
Date
2022-07-07
Author
Azzahro, Syahidah
Metadata
Show full item record
Abstract
Pada masa sekarang ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia dalam melaksanakan kehidupan yang tidak lepas dari pendidikan. Pendidikan Taman Kanak-kanak berbagai macam dan usaha membantu anak untuk mencapai tujuan hidup atau perkembangan apapun yang dilakukan oleh guru di Taman Kanak-kanak. Program kegiatan belajar Taman Kanak-kanak disebutkan bahwa kegiatan belajar dalam kemampuan dasar aspek perkembangan, perkembangan kognitif anak yang memiliki kecerdasan dalam berkonsentrasi dan berhitung. Media kartu angka ini dapat memberikan stimulus dan mengembangkan kecerdasan anak dalam mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan bagi anak. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengenalan konsep bilangan, penggunaan media kartu angka untuk pengenalan konsep bilangan anak kelompok B di TA Al-Ikhlas, serta evaluasi penggunaan media kartu tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan anak di kelas. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengenalan konsep bilangan. Mendeskripsikan penggunaan kartu dalam mengenalkan konsep bilangan, serta mengevaluasi penggunaaan kartu angka tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif dalam bersifat analisis holistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dilakukan dengan wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur kepada pihak terkait. Sumber data dari sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan cara uji kredibilitas dengan menggunakan metode triangulasi. Pembelajaran pengenalan konsep bilangan dengan media kartu angka di TA Al-Ikhlas disesuaikan dengan tema dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang dibuat oleh guru. Pengenalan konsep bilangan dilakukan dengan berbagai macam variasi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan anak seperti mengenalkan dan menghafalkan bilangan, menghitung benda, dan menghubungkan jumlah benda sesuai bilangan. Penggunaan media kartu angka bagi anak dapat membantu untuk mengembangkan stimulus konsentrasi, memecahkan masalah dan membangun pengetahuan mengenai konsep bilangan serta mengembangkan kemampuan berhitung. Sebagai rekomendasi dari penelitian ini adalah agar guru menggunakan bahan media pembelajaran yang menarik dan kreatif bagi anak, media tidak mudah rusak dan hilang, serta memberikan jumlah lebih banyak. Untuk kepala sekolah yaitu memberikan fasilitas yang mendukung dalam meningkatakan pengetahuan mengenai konsep bilangan bagi anak. Kata Kunci: Kartu Angka, Pengenalan Konsep Bilangan, Anak Usia Dini
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4435
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group