View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajran Baca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim

Thumbnail
View/Open
Publish (1.604Mb)
Fulltext (2.095Mb)
Date
2022-07-13
Author
Ni’mah, Nike Affin
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran metode membaca Al-Quran yang dilaksanakan di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim saat ini masih kesulitan untuk menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Selama ini di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim masih menggunakan metode tradisional yaitu metode iqro’, meskipun metode iqro’ baik untuk pembelajaran Al-Quran akan tetapi membutuhkan sebuah inovasi baru dan menyesuaikan dengan kemampuan pemahaman setiap individu anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Quran dengan menerapkan metode yanbu’a pada anak usia dini. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian siswa di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim tahun pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan mendeskripsikan penelitian secara menyeluruh dengan menggambarkan atau menganalisis peristiwa, kejadian, sikap serta pemikiran dari setiap individu atau kelompok dengan berdasarkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, data yang diperoleh akan dianalisis secara berurutan yang terdiri dari: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode yanbu’a untuk anak usia dini di TK Nurul Ulum sangat berpengaruh besar, hal ini disebabkan oleh penggunaan metode yang sangat jelass mengenai awal letak makhorijul huruf, keterangan panjang pendek, serta terdapat 7 jilid penerapan namun setiap jilidnya di ukur dengan tingkat kemampuan anak. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode yanbu’a dalam pembelajaran Al-Quran pada anak usia dini di TK Nurul Ulum akan memudahkan anak dalam mempelajari Al-Quran. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Yanbu’a, Pendidikan Anak Usia Dini
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4447
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group