Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajran Baca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim
Abstract
Pembelajaran metode membaca Al-Quran yang dilaksanakan di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim saat ini masih kesulitan untuk menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Selama ini di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim masih menggunakan metode tradisional yaitu metode iqro’, meskipun metode iqro’ baik untuk pembelajaran Al-Quran akan tetapi membutuhkan sebuah inovasi baru dan menyesuaikan dengan kemampuan pemahaman setiap individu anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Quran dengan menerapkan metode yanbu’a pada anak usia dini. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian siswa di TK Nurul Ulum Rambang Muara Enim tahun pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan mendeskripsikan penelitian secara menyeluruh dengan menggambarkan atau menganalisis peristiwa, kejadian, sikap serta pemikiran dari setiap individu atau kelompok dengan berdasarkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, data yang diperoleh akan dianalisis secara berurutan yang terdiri dari: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode yanbu’a untuk anak usia dini di TK Nurul Ulum sangat berpengaruh besar, hal ini disebabkan oleh penggunaan metode yang sangat jelass mengenai awal letak makhorijul huruf, keterangan panjang pendek, serta terdapat 7 jilid penerapan namun setiap jilidnya di ukur dengan tingkat kemampuan anak. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode yanbu’a dalam pembelajaran Al-Quran pada anak usia dini di TK Nurul Ulum akan memudahkan anak dalam mempelajari Al-Quran.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Yanbu’a, Pendidikan Anak Usia Dini