Kontribusi Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Mengajar Guru Raudhatul Athfal Se-Kecamatan Sukun
Abstract
Pendidikan merupakan usaha untuk menumbuhkan potensi yang dimiliki setiap manusia agar menjadi manusia yang baik. Salah satu komponen pendidikan adalah guru. Guru memegang peran penting dan utama dalam keberlangsungan pembelajaran kepada peserta didik, sehingga guru sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya guru dituntut memiliki standar kompetensi yang wajib dipenuhi, salah satunya kompetensi professional. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan adanya kontribusi kompetensi professional terhadap kinerja mengajar guru Raudhatul Athfal dan mendeskripsikan kontribusi kompetensi professional terhadap kinerja mengajar Raudhatul Athfal Se-Kecamatan Sukun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survei. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket/kuisioner kepada guru Raudhatul Athfal Se-Kecamatan Sukun. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan linieritas serta pengujian hipotesis berupa analisi regresi linier sederhana dan koefisien determinan. Alat analisis menggunakan analisis SPSS 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata variabel kompetensi profesional sebesar 86% dan nilai rata-rata variabel kinerja mengajar guru sebesar 82% yang kedua variabel tersebut termasuk dalam kriteria sangat kuat. Hasil analisis uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,134 > 0,05 maka data berdistribusi normal. Hasil analisis uji linieritas menunjukkan nilai deviation from linearity adalah 0,359 > 0,05 sehingga data diatas dinyatakan ada hubungan linier secara signifikan antara 2 variabel. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien regresi bernilai plus (+) maka dikatakan bahwa variabel (X) berpengaruh positif terhadap variabel (Y). Sedangkan hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang diartikan bahwa ada kontribusi kompetensi professional terhadap kinerja mengajar guru.
Kata Kunci : Kinerja Mengajar Guru, Kompetensi Profesional