dc.description.abstract | Pendidikan merupakan suatu usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui proses pembelajaran maupun cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata bahasa tulis. Tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Membaca intensif adalah membaca secara sungguh-sungguh dan terus menerus hingga diperoleh hasil yang optimal”. Membaca secara sungguh-sungguh dalam hal ini yaitu membaca secara serius, teliti, giat, mendalam, rinci, cermat, dan kritis, serta dilakukan sesuai dengan aturan dalam membaca intensif seperti membaca dalam hati. Terus menerus yaitu proses membaca secara terus menerus tidak melakukan kegiatan lain sebelum bacaan selesai dibaca, supaya mendapatkan pemahaman dari maksud atau makna yang terkandung dalam bacaan tersebut. Terdapat sebuah permasalahan di SD Negeri Gunungsari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dalam keterampilan membaca intensif, yang masih menggunakan metode pembelajaran ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan mengkibatkan turunnya prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan keterampilan membaca intensif melalui penerapan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) siswa kelas V SDN Gunungsari. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan membaca intensif melalui penerapan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) siswa kelas V SDN Gunungsari. 3) Mendeskripsikan evaluasi keterampilan membaca intensif melalui penerapan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) siswa kelas V SDN Gunungsari.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dalan penelitian tindakan kelas ini yaitu dari hasil tes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dapat meningkat dalam proses pembelajaran dan keterampilan membaca intensif siswa kelas V SD Negeri Gunungsari. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra tindakan siklus presentase yang diperoleh 34,29%, siklus I presentase yang diperoleh 60%, dan siklus II presentase diperoleh 88,57%. Sedangkan nilai rata-rata pra Tindakan siklus yang diperoleh 66,85, siklus I nilai rata-rata diperoleh 73,71, siklus II nilai rata-rata diperoleh 85,85. Peningkatan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilihat dari keaktifan siswa saat bekerja sama dalam kelompok, mereka antusias ketika membacakan hasil diskusi mereka. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas V SD Negeri Gunungsari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Strategi CIRC, Keterampilan, Membaca, Intensif | en_US |