dc.description.abstract | Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat juga berpengaruh terhadap perkembangan teknologi pendidikan, masyarakat bangsa Indonesia saat ini tidak cukup hanya memiliki kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Kemampuan menggunakan teknologi juga harus mulai dikenalkan didalam dunia pendidikan sekolah dasar, hal itu merupakan tantangan bagi guru untuk mempunyai pengetahuan teknologi dan mampu mengintegrasikan teknologi kedalam pembelajaran siswa. Untuk mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran seorang guru harus memiliki kemampuan teknologi, pedagogis, dan konten.
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan gabungan dari tiga ranah pengetahuan yaitu teknologi, pedagogi, dan konten yang memiliki tiga komponen dasar yaitu technological knowledge (TK), content knowledge (CK), pedagogical knowledge (PK), dan menghasilkan empat komponen tambahan yaitu technological content knowledge (TCK), pedagogical content knowledge (PCK), technological pedagogical knowledge (TPK), dan technological pedagogical content knowledge (TPACK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komponen TPACK guru mata pelajaran tematik di MI Mambaul Ulum.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Method yang menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MI Mambaul Ulum yang berjumlah 28 guru, dan sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran tematik yang berjumlah 19 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner atau angket untuk penelitian kuantitatif dan untuk penelitian kualitatif menggunakan wawancara. Peneliti menganalisis data menggunakan excel untuk mengetahui tingkat kemampuan berdasarkan kriteria yang terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu tinggi, sedang, dan rendah.
Berdasarkan data angket hasil penelitian kuantitatif yaitu kemampuan guru komponen technological knowledge memiliki rata-rata 46,5 termasuk kategori tinggi, komponen pedagogical knowledge memiliki rata-rata 46,8 termasuk kategori tinggi, komponen content knowledge memiliki rata-rata 48,8 termasuk kategori tinggi, komponen pedagogical content knowledge memiliki rata-rata 46,3 termasuk kategori tinggi, komponen technological pedagogical knowledge memiliki rata-rata 46,1 termasuk kategori tinggi, komponen technological content knowledge memiliki rata-rata 46,6 termasuk kategori tinggi, dan komponen technological pedagogical content knowledge memiliki nilai rata-rata 45 termasuk kategori tinggi.
Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara penelitian kualitatif kepada beberapa responden yang menyatakan bahwa memiliki pengetahuan dan kemampuan komponen TPACK. Dengan demikian data kualitatif ini memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif yaitu dengan mengetahui kemampuan guru mata pelajaran tematik dalam mengintegrasikan pengetahuan TPACK kedalam proses pembelajaran siswa di MI Mambaul Ulum.
Kata Kunci : Kemampuan, Komponen TPACK, Guru Tematik. | en_US |