Show simple item record

dc.contributor.authorMaskana, Khoirotul
dc.date.accessioned2022-08-01T03:08:28Z
dc.date.available2022-08-01T03:08:28Z
dc.date.issued2022-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4462
dc.description.abstractMembaca merupakan kunci utama dalam proses pembelajaran tanpa adanya kemampuan membaca pada diri peserta didik dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung. Permasalahan dalam pembelajaran sangat beragam salah satu permasalahan yang sering muncul adalah membaca kurang lancar yang di alami beberapa siswa yang terdapat di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Sumberpasir Pakis Malang ini. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut guru membuat beberapa strategi dalam pembelajaran yang bertujuan agar siswa yang kurang lancar membaca memiliki kemampuan membaca yang lancar dan dapat menerima pembelajaran dengan baik. Strategi guru dalam menyelesaikan permasalahan kurang lancar dalam membaca yaitu guru menggunakan strategi pembimbingan terhadap siswa yang kurang lancar dalam membaca, yang dilakukan pada saat jam pembelajaran strategi ini bertujuan agar siswa yang belum memiliki kemampuan lancar membaca mampu membaca dengan benar dan siswa yang sudah memiliki kemampuan dalam membaca diberi tugas oleh guru agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial antar siswa. Strategi yang kedua yaitu strategi baca simak yang mana guru menunujuk salah satu siswa untuk membaca dan yang lain menyimaknya. Tujuan strategi ini dilakukan agar siswa memiliki kemampuan membaca dengan benar dan memiliki sikap percaya diri. Strategi yang ke tiga adalah menggunakan bantuan media audio visual dalam pembelajaran. Dengan adanya bantuan audio visual membuat ketertarikan bagi anak dalam mengikuti pembelajaran dan guru lebih mudah menyampaikan pembelajaran. Dari beberapa strategi yang dilakukan ada dampak yang di peroleh bertujuan untuk peningkatan kelancaran membaca siswa kelas 3. Dampak tersebut adalah tumbuhnya rasa percaya diri anak yang mana mereka sudah tidak malu lagi apabila ditunjuk untuk membaca karena adanya bimbingan dari guru. Dampak yang kedua adalah perkembangan kelancaran dalam membaca bertambah baik ada beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca mampu membaca tanpa terbata-bata intonasi yang benar. Dan dampak dari strategi yang ke tiga yaitu siswa lebih mudah dalam mengingat pembelajaran serta siswa yang kurang lancar dalam membaca memiliki semangat belajar dengan adanya bantuan media audio visual. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mengambil data dari kejadian di lapangan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Beberapa strategi yang diterapkan oleh guru berdampak pada kelancaran membaca siswa. Kata Kunci : Permasalahan, Faktor Penyebab, Strategi Guru, Dampak Strategi Guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectPermasalahanen_US
dc.subjectFaktor Penyebaben_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectDampak Strategi Guruen_US
dc.titleStrategi Guru dalam Menyelesaikan Permasalahan Membaca Kurang Lancar di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Sumberpasir Pakis Malang (Studi Kasus di kelas 3 MINU Sumberpasir Pakis Malang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record