Penanaman Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keislaman di MI Almaarif 02 Singosari Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Rahma, Mia Aisyah
dc.date.accessioned 2022-08-01T03:19:59Z
dc.date.available 2022-08-01T03:19:59Z
dc.date.issued 2022-07-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4476
dc.description.abstract Menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter religius merupakan salah satu cara dalam mengatasi masalah yang sering terjadi dalam dunia pendidikan pada saat ini. Dengan adanya hal ini diharapkan dapat mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih berkualitas tidak hanya dalam segi ilmu pengetahunnya saja tetapi dari segi ilmu pengetahuan akademik dan pendidikan karakternya. Berdasarkan observasi peneliti di lapangan masih banyak peserta didik minim dalam karakter religius. Hal ini dikarenakan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda. Dihadapkan pada realita seperti itu MI Almaarif 02 mengadakan kegiatan keislaman yang beraneka ragam untuk menanamkan karakter religius peserta didik. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana bentuk-bentuk dan pelaksanaan kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari? (2) Bagaimana dampak pelaksanaan kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari? (3) Bagaiamana Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religious peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan pelaksanaan kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari. (2) Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religious peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang dilakukan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, tringaluasi, pengecekan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Penanaman karakter religious melaui kegiatan keislaman di Mi Almaarif 02 Singosari adalah sebagai berikut: (1) Bentuk kegiatan keislaman dalam menanmkan karakter religious di MI Almaarif 02 yakni Berdoa sebelum dan sesudah belajar, Bimbingan Baca Tulis Al Quran dengan metode Bil Qolam, Sholat Dhuha yang dilaksanakan oleh siswa kelas 4-6 pada jam istirahat, Sholat Dhuhur Berjamaah sebelum pulang sekolah, Monitoring buku SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah), PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) yang dilaksanakan untuk memperingati hari besar islam, Istighosah, Pembacaan Surat yasin. (2) Dampak kegiatan keislaman dalam menanamkan karakter religius peserta didik di MI Almaarif 02 Singosari yakni Siswa dapat menanamkan karakter religious melalui pembiasaan untuk berdoa setiap sebelum dan selesai melakukan pekerjaan atau kegiatan yang lainnya, Siswa lebih mudah untuk memperdalam ilmu Al Quran dan lebih lancar dan fasih dalam melafadhkannya serta siswa bisa menulis arab dengan baik dan benar, Dapat membiasakan siswa untuk menjalankan sholat sunnah dan menambah wawasan siswa tentang macam-macam sholat sunnah, Melatih kedisiplinan siswa juga mengajarkan siswa untuk bersosialisasi dengan teman sebaya ketika pelaksanaan sholat dhuhur berjamaah, Dapat menambah hafalan surat-surat pendek dan doa sehari-hari serta dapat menertibkan sholat 5 waktu, Siswa mengetahui dan memahami tentang hari-hari besar islam yang banyak mengandung hikmah dan pelajaran disetiap kejadiannya, Mengajarkan siswa untuk menjadi insan yang berilmu dan bermanfaat dengan cara bertawakkal atau berdoa kepada Allah agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, Mengajarkan siswa untuk mendoakan keluarga, guru-guru, kerabat, alumni yang sudah mendahuluinya. (3) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam menanamkan kegiatan keislaman di MI Almaarif 02 Singosari adalah sebagai berikut: a. Faktor Pendukung adalah sebagai berikut: Dukungan dari pihak Yayasan Almaarif, Peraturan madrasah, Orang tua, Guru, Fasilitas madrasah, Lingkungan madrasah. b. Faktor Penghambat adalah sebagai berikut: Latar belakang orang tua, Pembagian kelas, Lokasi madrasah.   Kata Kunci : Penanaman Karakter, Religius, Kegiatan Keislaman en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah en_US
dc.subject Penanaman Karakter en_US
dc.subject Religius en_US
dc.subject Kegiatan Keislaman en_US
dc.title Penanaman Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keislaman di MI Almaarif 02 Singosari Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account